in ,

Eibenthal, Desa Indah yang Bebas dari Pencurian

Eibenthal, Desa Indah yang Bebas dari Pencurian
Desa Eibenthal (Odditycentral)

Eibenthal merupakan sebuah desa yang sangat indah yang terletak di Pegunungan Banatului di Rumania Barat. Ini adalah tempat menarik yang dihuni oleh etnis Ceko. Tetapi ada hal lain yang membuat desa ini begitu tersohor, yakni di sana bebas dari pencurian atau sama sekali tidak ada pencuri.

Tidak ada kantor polisi di Eibenthal karena memang tidak diperlukan. Para penduduk desa tersebut hidup dengan damai dan saling menghormati satu sama lain. Bahkan tingkat kejahatannya sangat rendah dan hampir tidak ada sama sekali.

Loading...

Baca Juga: Disebut Desa Rapunzel, Semua Wanita Di Desa Ini Memiliki Rambut Panjang

Misalnya saja kasus pencurian, di mana di Eibenthal hampir tidak ada sama sekali. Warga desa terbiasa meninggalkan uang dalam tas di sisi jalan. Lalu uang tersebut akan diambil oleh tukang roti dan kemudian tasnya diisi oleh roti. Selama lebih dari 20 tahun, tidak ada yang pernah melaporkan uang dan roti yang hilang.

Belum ada satu pun kasus pencurian di desa ini.

Eibenthal, Desa Indah yang Bebas dari Pencurian
Foto: Odditycentral

Reputasi Eibenthal sebagai desa bebas pencurian mulai dikenal sejak tahun 1996, ketika penduduk setempat mulai menggantungkan tas dan uang di sisi jalan. Mereka harus melakukan itu karena satu-satunya toko roti di sana telah ditutup pada tahun 1989.

Sejak toko roti tersebut ditutup, warga harus sudah siap siaga menunggu truk roti yang datang ke desa yang menempuh perjalanan sejauh 20 kilometer setiap dua hari sekali. Tetapi kemudian muncul sebuah ide untuk meninggalkan uang, tas, beserta catatan pembeli untuk memastikan roti di antar ke rumah yang tepat.

Baca Juga: Desa Pertama Bebas Rokok Di Dunia Ternyata Ada Di Indonesia

Ide ini tentu sangat praktis dan warga tidak perlu ribet lagi menunggu. Meskipun ada risiko uang atau roti dicuri, tapi para penduduk di sana sudah saling mempercayai satu sama lain dan mereka percaya tidak akan ada yang berani mencuri.

Penduduk setempat juga menghormati properti satu sama lain dan tidak pernah menginjakkan kaki di pekarangan orang lain tanpa ada izin, apalagi masuk ke rumah tanpa permisi dulu. Mereka akan memanggil pemilik rumah dari luar pagar, jika sudah mendapat izin baru mereka akan masuk, jika tidak ada jawaban mereka akan pergi.

Bahkan Anda bisa merasa aman tanpa takut ada yang mencuri jika membiarkan peralatan atau barang-barang berharga di luar.

Sumber: Odditycentral

loading...
Loading...
Loading...