in ,

7 Tips Hemat Liburan Ke Luar Kota

Tips hemat liburan ke luar kota

Siapa sih yang gak kepingin liburan ke luar kota dengan budget yang sangat tipis? Pastinya kamu semua menginginkan hal tersebut bukan? Namun perlu kamu ketahui, sekarang liburan domestik justru membutuhkan budget lebih dibandingkan liburan ke luar negeri. Bila kamu lihat harga tiket pesawat ke Singapura dan membandingkannya ke kota-kota di Indonesia pasti harganya tidak beda jauh atau bahkan lebih mahal menuju kota-kota domestik.

Tapi hal tersebut jangan terlalu dijadikan sebagai beban dan membuat keputusan kamu untuk pergi ke luar kota menjadi gagal. Artikel ini akan membantu memberikan kamu tujuh tips yang akan menghemat budget kamu untuk pergi liburan ke luar kota.

1. Lakukan riset sebelum berangkat

Hal pertama yang wajib kamu lakukan sebelum memutuskan untuk berangkat liburan adalah kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu, dan juga kamu perlu menentukan liburan kamu ke tempat yang memang sesuai dengan budget yang telah kamu siapkan.

Saat ini melakukan riset sudah tidak sulit lagi. Kamu bisa mencari semua informasi yang ada di laman-laman travel di browser kamu. Atau bila kamu hal itu kurang otentik dan mengena, kamu bisa menanyakan hal-hal yang penting untuk berlibur kepada orang-orang terdekatmu yang sudah berpengalaman. Tentunya dengan bertanya, informasi yang kamu dapat akan menjadi sangat lengkap dan bersiap untuk berangkat liburan.

2. Jangan pergi saat liburan anak sekolah

Mungkin bagi kamu yang doyan banget liburan dan traveling ke luar kota paham betul akan harga tiket yang pasti melambung tinggi saat menjelang liburan anak sekolah. Jadi bisa dibilang kalau hari libur anak sekolah di Indonesia merupakan high season-nya tanah air. Nah, jadi kamu perlu cari waktu untuk bepergian pada saat low season, di mana orang-orang tidak banyak pergi untuk berlibur. Bahkan jika memungkinkan, pergilah pada hari biasa, kamu akan menghemat banyak sekali biaya perjalanan kamu.

3. Buat rincian biaya

Ini sangat penting! Satu hal untuk mengontrol pengeluaran yang tidak perlu adalah membuat perincian biaya perjalanan kamu. Tentukan budget minimal yang diperlukan untuk transportasi, akomodasi, dan biaya makan sehari-hari, kemudian persiapkan budget lebih buat kamu untuk berjaga-jaga saat sedang dalam perjalanan.

4. Jangan menginap di hotel berbintang

Para traveler pastinya sudah tahu kalau menginap di hotel membutuhkan biaya yang tidak sedikit (apalagi kalau kamu menginapnya di hotel berbintang). Hal ini akan membuat pengeluaran kamu semakin melambung tinggi.

Untuk mengakali hal seperti ini, kamu bisa mencari tempat penginapan yang layak untuk ditinggali atau mencari rumah setempat yang bisa menyewakan kamar. Saat ini sudah banyak platform yang menyediakan kamar-kamar murah untuk kamu yang sedang berlibur, dan kamu hanya tinggal mencari yang sesuai dengan budget kamu.

5. Cari teman jalan

Jika kamu ingin berlibur dengan biaya yang lebih murah, maka pergilah berlibur bersama teman-teman kamu. Dengan cara seperti ini, kamu dapat menghemat biaya penginapannya karena kamu dapat memilih kamar untuk kapasitas orang lebih banyak.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan paket rombongan di tempat wisata sehingga pengeluaran kamu juga akan semakin sedikit.

6. Gunakan transportasi umum

Hindari menggunakan transportasi pribadi dalam perjalanan liburan kamu. Selain untuk menghemat biaya pengeluaran, kamu pun akan lebih leluasa untuk berpindah dari obyek wisata satu ke yang lain, tanpa harus memikirkan kendaraan kamu. Jadi penggunaan transportasi umum ini akan jauh lebih efisien, dari segi harga dan pikiran (soal kendaraan yang kamu bawa sendiri)

7. Persiapkan kuota internet

Nah, hal terakhir yang perlu kamu persiapkan ialah kuota internet kamu. Sayang banget kan kalau di tengah perjalanan seru kamu, kuota internet malah habis dan tidak sempat untuk upload keseruan kamu di instagram story-mu. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan kuota internet. Kamu bisa bayar pascabayar di Traveloka yang bisa memudahkan kamu untuk mendapatkan kuota internet.

Loading...
Loading...