in ,

7 Hal Menarik Tentang Masjid Kubah Emas Peninggalan Dian Al Mahri

7 Hal Menarik Tentang Masjid Kubah Emas Peninggalan Dian Al Mahri 1

Pendiri Masjid Kubah Emas, Dian Djuriah Rais binti H Muhammad Rais meninggal dunia pada Jumat (29/3/2019). Perempuan yang akrab dipanggil Dian Al Mahri ini meninggal di usia 70 tahun.

Masjid Kubah Emas jadi satu-satunya warisan Dian untuk masyarakat. Masjid ini jadi objek wisata religi yang sangat populer di Depok karena ciri khas kubahnya yang dilapisi emas asli. Banyak pelancong dari berbagai kota yang datang ke Depok hanya untuk melihat langsung Masjid Kubah Emas.

Berikut beberapa hal menarik tentang Masjid Kubah Emas peninggalan Dian Al Mahri yang harus kalian ketahui.

1. Sejarah berdirinya Masjid Kubah Emas

7 Hal Menarik Tentang Masjid Kubah Emas Peninggalan Dian Al Mahri 2
Foto: wikipedia.org

Masjid ini mulai dibangun sejak April 1999 oleh seorang pengusaha dermawan asal Banten, Dian Al Mahri. Pembangunan masjid ini memakan waktu sampai 6 tahun lebih. Dan diresmikan pada 31 Desember 2006, bertepatan dengan Idul Adha 1427 H.

Baca Juga: Subhanallah, 5 Masjid Ini Tetap Kokoh Meski Diguncang Bencana Dahsyat

Bangunan masjid yang mampu menampung sampai lebih dari 20 ribu jemaah ini berdiri kokoh di atas lahan seluas 70 hektar.

2. Memiliki kubah emas

7 Hal Menarik Tentang Masjid Kubah Emas Peninggalan Dian Al Mahri 3
Foto: kontraktor-kubahmasjid.com

Masjid ini memiliki 5 kubah, satu kubah utama yang besar dan 4 kubah kecil. Seluruh kubah dilapisi dengan emas setebal 2-3 mm dan mozaik kristal. Kubah utama masjid ini menyerupai kubah Taj Mahal di India karena Dian membangun masjid ini memang terinspirasi dari Taj Mahal.

Selan kuah, relief hiasan di atas tempat imam juga terbuat dari emas 18 karat, begitu pula dengan pagar di lantai dua dan hiasan kaligrafi di langit-langit masjid. Sedangkan mahkota pilar masjid yang berjumlah 168 buah berlapis sisa-sisa emas.

3. Masjid termegah di Asia Tenggara

7 Hal Menarik Tentang Masjid Kubah Emas Peninggalan Dian Al Mahri 4
Foto: distributor-cctv.com

Kubah Emas disebut sebagai masjid termegah di Asia Tenggara. Ornamen dan kubah yang terbuat dari emas serta luas masjid ini jadi alasan kenapa Kubah Emas disebut sebagai masjid termegah se Asia Tenggara.

4. Hanya ada 8 masjid dengan kubah emas di seluruh dunia, salah satunya milik Dian

7 Hal Menarik Tentang Masjid Kubah Emas Peninggalan Dian Al Mahri 5
Foto: phinemo.com

Di dunia ini tercatat hanya ada 8 masjid saja yang memiliki kubah yang dilapisi emas. Salah satunya adalah masjid milik Dian. Hadirnya masjid megah ini meningkatkan nama Indonesia di mata komunitas muslim di seluruh dunia.

Baca Juga: Kenapa Lantai Masjidil Haram Tetap Sejuk Meski Udara Sangat Panas?

5. Didesain oleh pendiri

7 Hal Menarik Tentang Masjid Kubah Emas Peninggalan Dian Al Mahri 6
Foto: wanita.me

Tak hanya mengeluarkan uang banyak untuk membangun masjid ini, Dian juga yang membuat desain masjid ini, termasuk bagian interiornya. Perempuan ini bahkan mendatangkan lampu gantung seberat 2,7 ton langsung dari Austria.

Di dalam masjid juga terdapat langit-langit dengan gambar awan yang bikin sejuk. Semua itu adalah ide Dian.

6. Struktur bangunan masjid memiliki makna

7 Hal Menarik Tentang Masjid Kubah Emas Peninggalan Dian Al Mahri 7
Foto: kontraktorkubahmasjid.com

Masjid yang dibangun oleh Dian ini memiliki 5 kubah yang melambangkan rukun Islam. Serta masjid ini juga memiliki enam menara yang melambangkan rukun iman. Filosofinya, struktur bangunan masjid ini mengandung makna bahwa Islam tidak akan sempurna tanpa rukun Islam dan Iman.

7. Jadi destinasi religi terfavorit

7 Hal Menarik Tentang Masjid Kubah Emas Peninggalan Dian Al Mahri 8
Foto: ikaakitras.wordpress.com

Keunikan dan kemegahan Masjid Kubah Emas membuatnya jadi destinasi wisata terfavorit di Depok. Setiap harinya, ribuan pengunjung dari dalam atau luar kota datang ke masjid ini. Ada juga yang ingin merasakan sensasi beribadah di dalam masjid ini dan ada juga yang sekedar selfie.

Nah itulah beberapa fakta menarik tentang Masjd Kubah Emas peninggalan Dian. Semoga amal ibadah almarhum diterima di sisi Allah SWT.

Loading...
Loading...