Life

Tips untukmu yang Ingin Mengubah Kebiasaan Ngaret

Tips untukmu yang Ingin Mengubah Kebiasaan Ngaret

Terlambat atau ngaret sudah menjadi hal yang membudaya bagi kebanyakan orang di Indonesia. Sehingga hal tersebut menjadi sebuah hal yang sepele dan tidak jarang orang yang memakluminya.

Lalu apakah kamu adalah salah satu orang yang suka ngaret ? Sebenarnya sering terlambat atau ngaret tidak akan membuat dirimu merasa nyaman melakukan kegiatan apa pun. Mulai dari persiapan dan perjalanan yang dilakukan dengan gugup dan tergesa-gesa, hingga dianggap sebagai orang yang tidak profesional oleh teman-temanmu.

Jika ngaret sudah melekat pada dirimu, maka akan sulit untuk menghilangkannya. Namun berikut beberapa tips untukmu agar perlahan-lahan menghilangkan kebiasaan ngaret yang buruk.

Baca Juga : Jarang Disadari Kebiasaan di Pagi Hari Ini Bisa Bikin Gemuk

1. Membuat Pengingat

Tips untukmu yang Ingin Mengubah Kebiasaan Ngaret

Di zaman modern seperti ini tidak susah untuk membuat jadwal ataupun pengingat. Kamu bisa menggunakan aplikasi yang ada pada ponsel pintarmu. Misalnya, kalendar dan alarm.

Kalendar sebagai penanda dan pengingat hari di mana kamu ada janji dengan seseorang ataupun meeting penting. Alarm dapat kamu gunakan untuk bangun lebih pagi dan mempersiapkan segalanya lebih awal.

2. Mengatur Keperluan pada Hari Sebelumnya

Tips untukmu yang Ingin Mengubah Kebiasaan Ngaret

Jika kamu adalah orang yang sulit untuk berangkat di pagi hari, pastikan kamu sudah mengatur semua keperluan pada malam sebelumnya.

Menyiapkan pakaian yang akan digunakan, kunci kendaraan, dompet, sepatu, maupun perlengkapan lainnya. Sehingga ketika bangun di pagi hari, kamu hanya perlu mengambil barang-barangmu, setelah itu pergi.

3. Jadwalkan untuk Datang Lebih Awal

Tips untukmu yang Ingin Mengubah Kebiasaan Ngaret

Ketika kamu ingin datang pada suatu acara, usahakan kamu harus datang lebih awal dari waktu yang telah ditentukan. Misalnya kamu memiliki janji pukul 10.00, maka kamu harus sudah sampai di tempat pukul 09.50.

Waktu 10 menit yang kamu miliki bisa digunakan untuk bersiap-siap dan bisa menjadi waktu antisipasi jika dalam perjalanan kamu terjebak macet. Selain itu hal ini juga dapat membuat orang menghormatimu karena sudah datang tepat waktu.

4. Memotivasi Diri Sendiri

Tips untukmu yang Ingin Mengubah Kebiasaan Ngaret

Jangan memberi kelonggaran yang membuat diri sendiri menjadi malas untuk datang tepat waktu. Lakukan kegiatan memotivasi diri setiap hari.

Seperti mengingatkan dan menyemangati dirimu untuk mengubah kebiasaan burukmu. Jika kamu memiliki keinginan kuat, maka kebiasaan burukmu seperti ngaret akan hilang dan berganti dengan semangat.

5. Bersikap Empati

Tips untukmu yang Ingin Mengubah Kebiasaan Ngaret

Rasa empati berarti kamu dapat merasakan apa yang dirasakan orang lain. Seandainya kamu datang terlambat saat memiliki janji bertemu dengan seseorang.

Orang itu pasti kesal dan jenuh jika harus menunggumu. Oleh karenanya kamu harus berpikiran untuk tidak mengecewakan dan membuat jenuh orang lain. Maka dari itu, kamu harus berusaha sebisa mungkin untuk tidak terlambat.

To Top