in ,

Tips Agar Kamu Tidak Menderita di Tanggal Tua

Tips Agar Kamu Tidak Menderita di Tanggal Tua

Ketika tanggal tua datang, mungkin kamu suka gemetaran karena memikirkan bagaimana menghadapi tanggal tua di saat dompet sudah kekeringan. Jangan salahkan uang, tapi salahkan diri sendiri, jika kamu pandai dalam mengatur keuangan dari awal bulan, mungkin kamu tidak akan menderita di akhir bulan.

Nah, biar kamu tidak menderita lagi di tanggal tua, coba ikuti tips-tips ini. Kamu akan diajari bagaimana cara mengehmat dan mengatur keuangan agar gaji dari awal bulan sampai akhir bulan cukup.

1. Jangan berpoya-poya di awal bulan

Tips Agar Kamu Tidak Menderita di Tanggal Tua
Foto: supermoney.com

Mentang-mentang baru nerima gaji di awal bulan, kamu kemudian poya-poyaan dengan membeli sesuatu yang dapat menguras dompet kamu. Sebaiknya segera hilangkan kebiasaan buruk ini kalau ingin bahagia di tanggal tua. Jika memang kamu ingin membeli sesuatu di awal bulan, paskan dulu dengan anggaran yang ada. Intinya hiduplah sederhana sesuai kemampuan.

loading...

Baca Juga: 5 Kebiasaan di Awal Bulan yang Bikin Gaji Cepat Habis

2. Hitung rata-rata pengeluaran harian kamu

Tips Agar Kamu Tidak Menderita di Tanggal Tua
Foto: dinero.com

Misalkan kamu punya gaji 3 juta satu bulannya, coba anggarkan uang tersebut untuk keperluan pokok terlebih dahulu. Kamu hitung rata-rata kebutuhan pokok kamu dalam satu hari, misalkan untuk membeli makan dan kebutuhan lainnya. Anggarkanlah dana harian kamu sehemat mungkin sehingga nantinya bisa mencukupi sampai akhir bulan atau bahkan ada sisanya.

3. Belajar menahan diri

Tips Agar Kamu Tidak Menderita di Tanggal Tua
Foto: bogorgate.com

Pengeluaran memang tak bisa diduga-duga, selalu saja ada sesuatu yang ingin kamu beli. Nah, jika ada perasaan seperti itu, sebaiknya kamu belajar menahan diri untuk tidak membeli sesuatu yang kamu inginkan itu. Misalkan kamu hari ini ingin makan-makan di kafe, sementara anggaran kamu kurang memadai, sebaiknya tahan diri kamu dan cobalah makan di warteg saja.

Baca Juga: Foto-Foto Kocak Menu Makan Saat Tanggal Tua Tiba

Boleh-boleh saja sih makan di kafe asalkan dananya cukup sampai akhir bulan menurut estimasi perhitungan. Tapi kalau kamu memaksakan diri, bersiap-siaplah menderita di tanggal tua.

4. Cari pekerjaan sampingan

Tips Agar Kamu Tidak Menderita di Tanggal Tua
Foto: rocketmanajemen.com

Jika memungkinkan, kamu bisa mencari pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan kamu. Nantinya kamu bisa menyimpan uang dari hasil pekerjaan sampingan itu untuk ditabung. Jika seandainya gaji pokok kamu tidak mencukupi sampai akhir bulan, kamu bisa menggunakan tabungan tersebut.

Dengan begitu kamu uga tidak akan banyak ngehutang. Kamu tahu sendirikan, di awal bulan kadang gaji suka ludes buat bayar utang.

loading...
loading...
Loading...
Loading...