in

Tidak Tidur Semalaman? Ini Tips Agar Tidak Ngantuk Di Pagi Hari

Ilustrasi orang yang nagntuk (foto: Healthmeup.com)

Sudah pasti Anda akan merasa ngantuk berat di pagi hari ketika semalaman Anda tidak tidur sama sekali. Namun, ada beberapa cara untuk menghilangkan rasa kantuk tersebut agar tetap bisa beraktivitas di pagi hari.

Tetapi ingat risikonya, tubuh akan kelelahan karena kurang tidur sementara Anda terus memaksa tubuh bekerja. Berikut beberapa tips agar Anda tidak kantuk di pagi hari meski tidak tidur semalaman, seperti dilansir Healthmeup.com.

6. Minum Air

loading...

Tidak tidur bisa menyebabkan tubuh dehidrasi dan kemudian membuat Anda merasa kantuk, grogi dan jadi pelupa. Jadi, minumlah segelas atau dua gelas air putih agar tubuh tidak terhidrasi. Minum juga tidak akan membuat Anda terjaga tetapi membantu Anda tetap waspada dan aktif.

5. Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari alami bisa membuat mood jadi lebih baik dan vitamin D akan membuat Anda terjaga dari rasa kantuk. Cukup buka tirai rumah, dan biarkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan rumah Anda.

4. Sarapan

Studi menunjukkan bahwa orang yang makan sarapan pagi dapat membuatnya merasa lebih energik, baik secara mental atau fisik. Peneliti Inggris di Cardiff Univertsity menyimpulkan bahwa semangkuk sereal di pagi hari dapat menurunkan tingkat kortisol (hormon stres) dalam tubuh.

3. Tidur Siang

Solusi ini mungkin tidak akan bisa dilakukan semua orang, terutama yang sibuk bekerja. Tetapi jika ada waktu luang, sebaiknya Anda menyempatkan diri dulu untuk tidur siang. Dengan begitu, tubuh yang tadinya lelah bisa merasa energik lagi dan rasa kantuk akan hilang.

2. Berjalan

Duduk atau diam saja akan membuat rasa kantuk Anda semakin berat. Jadi, pergilah berjalan-jalan di sekitar kantor, rumah, atau di taman. Tetapi jika Anda sedang disibukan bekerja, cukup dengan naik atau turun tangga dan kemudian kembali bekerja.

1. Kafein

Asupan moderat kafein dapat membantu Anda merasa energik dan lebih waspada. Tetapi jika mengonsumsi kafein dalam jumlah yang besar, itu bisa merusak waktu tidur malam Anda dan pada akhirnya Anda akan kelelahan keesokan harinya.

Anda dapat menemukan kafein dalam beberapa minuman, seperti kopi.

loading...
Loading...
Loading...