in

Tetap Sehat Saat Musim Penghujan dengan Lima Tips Ini

Ilustrasi (foto via: cravebits.com)

Menjelang tahun baru, cuaca di Indonesia memang terasa dingin dan selalu diguyur hujan. Tak heran kalau banyak orang tiba-tiba pilek atau menderita demam. Oleh karena itu kita harus lebih lagi menjaga kesehatan tubuh di tengah aktivitas saat musim penghujan ini.

Nah, berikut Wow Menariknya sajikan beberapa tips untuk Anda agar tubuh tetap sehat dan fit saat musim penghujan.

5. Gunakan pakaian hangat

Saat hujan turun, biasanya suhu udara menjadi dingin. Itulah yang menyebabkan Anda mengalami pilek atau demam. Untuk menangkal angin masuk ke dalam tubuh, sebaiknya Anda gunakan pakaian hangat yang sangat tertututp. Itu akan membantu tubuh tetap hangat meski suhu udara sangat dingin.

4. Bersihkan lingkungan

Lingkungan sekitar cenderung sangat kotor ketika hujan turun. Lingkungan yang kotor bisa menjadi tempat yang cocok bagi bakteri dan kuman-kuman jahat untuk berkembang biak sehingga meningkatkan risiko Anda terkena berbagai jenis penyakit.

Untuk mengatasi hal tersebut, setelah hujan reda Anda harus bergegas membersihkan lingkungan. Setidaknya teras rumah Anda, segera membersihkan bak air mandi, dan segera membuang air hujan yang tergenang, serta buang sampah yang sudah menumpuk.

3. Tidur siang

Jika Anda merasa tidak ada pekerjaan lagi dan bertepatan dengan hujan turun, daripada bengong mending Anda mengistirahatkan tubuh sejenak di atas kasur yang empuk. Tidur siang saat hujan turun dapat memulihkan stamina tubuh yang sudah terkuras dan tetap menjaga tubuh dalam keadaan fit. Agar tubuh tetap hangat saat hujan turun, gunakan selimut yang super tebal biar tidur nyenyak.

2. Mandi air hangat

Saat hujan turun, Anda jangan memaksakan diri untuk mandi dengan air dingin. Lebih baik lagi Anda mandi dengan air hangat. Dengan begitu, tubuh Anda akan terasa hangat dan lebih berstamina lagi.

1. Jaga asupan makanan

Menjaga asupan makanan saat musim penghujan sangat penting untuk Anda perhatikan. Jangan sampai Anda banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang malah memperburuk keadaan. Seperti meminum minuman dingin dan banyak mengonsomsi junk food.

Sebaiknya Anda habiskan saja secangkir teh hijau hangat ketika hujan turun. Teh hijau hangat memang memiliki banyak manfaat, termasuk bisa menghangatkan tubuh dan meingkatkan sistem kekebalan tubuh.