in ,

Punya Asuransi Bantu Pengelolaan Keuangan Pribadi Jadi Lebih Baik, Benarkah Demikian?

Punya Asuransi Bantu Pengelolaan Keuangan Pribadi Jadi Lebih Baik, Benarkah Demikian?

Benarkah asuransi bisa membantu pengelolaan keuangan pribadi jadi lebih baik? Mungkin pertanyaan ini sering terlintas di benak Anda mengingat sekarang banyak orang yang memiliki asuransi.

Secara umum kebanyakan orang keberatan kalau mengikuti asuransi karena kita jadi memiliki kewajiban untuk membayar premi, entah setiap bulan atau setiap tahun, tergantung perjanjian yang kita tentukan sendiri.

Kalau begitu, berarti memiliki asuransi hanya menambah beban pengeluaran dong? Banyak juga di antara kita yang malah berpikir seperti ini. Kewajiban membayar premi tadi malah dianggap beban yang memberatkan keuangan tiap bulan. Lalu di tengah jalan, kita malah berhenti dan akhirnya tak mendapatkan benefit apa pun dari produk asuransi yang setengah jalan tadi.

Padahal fakta sebenarnya, punya asuransi itu bisa membantu kita mengelola keuangan pribadi jadi lebih baik. Mari kita bahas lebih detail ya.

Selama ini banyak di antara kita menabung dari sisa penghasilan tiap bulan. Contohnya menabungkan sebagian gaji di awal bulan. Uang tersebut kita gunakan untuk membayar cicilan, memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, untuk hiburan dan liburan, dan begitu akhir bulan baru kita menabung sisanya.

Bagaimana jika tak ada sisa di akhir bulan? Ya sudah jelas, kita tidak menabung. Menabung hanya dengan uang yang tersisa begini sebenarnya bukanlah cara mengelola keuangan yang baik. Karena sebenarnya, menabung sudah seharusnya dilakukan di awal bulan. Jadi ketika menerima penghasilan langsung disisihkan sekian persen untuk tabungan.

Lalu apa hubungannya dengan asuransi?

Jika memiliki asuransi, misalnya asuransi kesehatan, maka sejak awal kita sudah “dipaksa” sedikit mengalokasikan penghasilan untuk kondisi-kondisi darurat terkait kesehatan. Uang yang sudah dialokasikan ini tak bisa diambil sembarangan.

Baru ketika benar-benar dibutuhkan, misalnya sakit dan harus rawat inap, maka semua benefit dari produk asuransi kesehatan bisa dinikmati tanpa harus menghabiskan uang tabungan yang ada. Berikut beberapa manfaat asuransi yang jarang disadari.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Akan Membuat Kamu Terjerat Utang Seumur Hidup

1. Asuransi Kesehatan Sebagai Perlindungan Tambahan

Memiliki asuransi kesehatan maka kita memiliki perlindungan tambahan untuk menjaga kesehatan diri kita dari sakit yang bisa tiba-tiba datang. Dan ketika penyakit itu datang, kita sudah siap sehingga keuangan yang ada, bahkan tabungan yang disiapkan untuk hal lain, tak perlu sampai digunakan. Asuransi sudah memberi perlindungan tersendiri.

2. Pengelolaan Keuangan Lebih Baik Dengan Memisah Tabungan dan Asuransi

Alangkah baiknya memisahkan pos tabungan dengan pos asuransi sehingga kita memiliki dua pos dana cadangan yang fungsinya berbeda. Tabungan bisa secara “spesial” disediakan untuk mencapai impian, misalnya tabungan untuk membeli rumah, untuk melanjutkan pendidikan, dan sebagainya.

Sementara asuransi hanya bisa digunakan sesuai dengan kontrak yang sudah disepakati, misalnya kecelakaan dan membutuhkan perawatan rumah sakit segera, dan sebagainya.

3. Mengamankan Ketersediaan Uang untuk Hal-hal Tak Terduga

Ketika hal ini terjadi, kita sudah siap dan tinggal memanfaatkan asuransi yang ada, sedangkan ketersediaan uang di tangan, termasuk tabungan, akan aman dan bisa digunakan untuk melanjutkan hidup dengan lebih baik, terutama kalau sakit menimpa tulang punggung yang jadi sumber utama keuangan keluarga.

4. Parasut Penyelamat Dalam Keadaan Darurat

Dengan memiliki asuransi maka hal-hal tak terduga yang mungkin sebelumnya tak pernah kita bayangkan, bisa kita hadapi dengan lebih baik. Di dunia ini, tidak ada satu orang pun yang berharap akan sakit. Faktanya, sakit bisa menimpa siapa saja dan datang tanpa bisa diduga.

5. Benefit Tambahan dalam Produk Asuransi

Di Indonesia saat ini ada banyak perusahaan asuransi. Kita bisa memilih yang terbaik dari sekian banyak produk asuransi yang tersedia, termasuk memilih benefit tambahan yang bisa memberi perlindungan lebih pada kita. Untuk memudahkan proses pencarian informasi maupun pembelian produk, bisa juga dengan memanfaatkan Lifepal, broker asuransi terpercaya dengan layanan yang cepat dan memudahkan.

Jika masih ragu mengenai penting tidaknya memiliki asuransi, kita bisa meminta pertimbangan dari kenalan, sanak keluarga, atau orang-orang yang sudah merasakan manfaatnya. Atau Anda juga bisa menghubungi Lifepal Asuransi.

Loading...