in ,

Yang Harus Dilakukan Jika Terjadi Gempa Agar Selamat

Yang Harus Dilakukan Jika Terjadi Gempa Agar Selamat
Foto: businnesinsider.com

Salah satu bencana yang tidak bisa diprediksi kedatangannya adalah gempa bumi. Memang sulit mengenali tanda-tanda akan terjadi gempa, sebab bencana yang satu ini terjadi begitu saja dan berlangsung selama hitungan detik. Oleh sebab itu gempa bumi sering menelan banyak korban jiwa tergantung dari kekuatannya.

Walaupun tidak bisa diprediksi, kita setidaknya harus bisa mengantisipasi bila seandainya terjadi gempa. Kita harus tahu apa saja yang harus dan tidak boleh dilakukan saat gempa berlangsung. Dengan begitu, kemungkinan kita selamat dari bencana ini lebih besar dibandingkan mereka yang tidak melakukan antisipasi.

Kalau seandainya terjadi gempa di daerah kamu, apa yang harus kamu lakukan untuk menyelamatkan diri? Simak ulasannya berikut ini yang sudah Wow Menariknya sajikan tentang apa saja yang harus dilakukan saat terjadi gempa bumi.

1. Jika sedang berada di dalam rumah

Yang Harus Dilakukan Jika Terjadi Gempa Agar Selamat
Foto: quakes.world

Ketika gempa terjadi, sementara kamu dan keluarga sedang berada di rumah, sebaiknya segera keluar karena ditakutkan rumah akan ambruk. Namun bila seandainya sudah terlanjur terlambat keluar rumah, kamu harus mencari perlindungan dengan menafaatkan yang ada di dalam rumah.

Berlindunglah di bawah meja yang kokoh untuk menghindari material-material ambruk agar tidak mengenai kamu. Dan juga jauhi benda-benda pecah dan berat yang sewaktu-waktu bisa menimpa tubuh kamu.

Baca juga: Kenapa Jepang Sering Diguncang Gempa?

Ingat, jika merasa sudah terlambat keluar rumah, sebaiknya jangan paksakan diri untuk keluar rumah bila sangat tidak memungkinkan. Apabila masih ada kesempatan, segeralah berlari ke luar rumah. Perhatikan juga, jangan memaksakan jika pintu keluar jauh, seperti sedang berada di lantai 2 rumah kamu.

2. Jika sedang berada di dalam gedung

Yang Harus Dilakukan Jika Terjadi Gempa Agar Selamat
Foto: bmkg.go.id

Bangunan tinggi lebih rentan mengalami kerusakan parah jika terjadi gempa, terutama bagian paling atasnya. Jika kamu sedang berada di dalam gedung saat gempa mengguncang, segeralah ke luar. Jangan menggunakan lift, tapi gunakan tangga darurat dan berlarilah sebisa mungkin. Jangan lupa juga, lindungilah kepala dengan tas atau buku sambil berlari ke luar gedung.

Namun apa yang harus dilakukan jika sudah terlanjur terlambat keluar gedung? Tetap lakukan tindakan penyelamatan sebisa mungkin seperti berlindung di bawah meja dan hindari benda-benda kaca.

3. Saat di luar

Yang Harus Dilakukan Jika Terjadi Gempa Agar Selamat
Foto: wikihow.com

Meskipun kamu sedang berada di luar, bukan berarti kamu sudah aman. Sebaiknya hindari pepohonan, tiang listrik, gedung, dan benda-benda tinggi lainnya ketika kamu sedang berada di luar saat gempa. Alangkah baiknya kamu pergi ke tempat yang sangat luas seperti lapangan.

Jika daerah kamu tinggal berdekatan dengan laut, sebaiknya segera pergi ke dataran tinggi dan jangan menunggu peringatan terlebih dahulu untuk mengantisipasi terjadinya tsunami. Pasalnya butuh waktu bagi lembaga penanggulangan bencana untuk menyebarkan informasi potensi tsunami.

4. Jangan panik

Yang Harus Dilakukan Jika Terjadi Gempa Agar Selamat
Foto: quora.com

Panik hanya akan memperburuk keadaan. Gempa bumi bisa membuat seseorang sulit berjalan karena kepala pusing. Jika panik, maka pikiran tidak akan fokus dan kepala malah akan semakin pusing. Akibatnya kamu tidak akan bisa menyelamatkan diri. Karena hal inilah banyak orang meninggal saat terjadi gempa.

Inti dari semuanya agar bisa menyelamatkan diri dari gempa, yaitu jangan panik dan perhatikan kondisi sekitar.