Pengetahuan

Jangan Tidur Menghadap ke Utara, Kenapa?

Jangan Tidur Menghadap ke Utara, Kenapa?

Tidur merupakan kebutuhan setiap manusia. Saat tidur, tubuh akan menjadi lebih rileks, sehingga saat bangun tubuh menjadi lebih segar, memori semakin baik, dan juga membuat kita lebih fokus.

Meski memiliki banyak manfaat, tidur yang terlalu lama juga tak baik untuk kesehatan. Nah kamu pasti pernah mendengar berbagai macam mitos seputar tidur.

Misalnya saja jangan tidur menjelang pukul enam sore, jangan tidur setelah keramas dan lain sebagainya. Tapi, pernahkah kamu mendengar tentang jangan tidur menghadap utara?

Ternyata arah saat kita tidur mempengaruhi kesehatan. Hal ini tertulis dalam peribahasa Tamil yang berbunyi, Vaaraatha vaazhvu vanthaalum vadakke thalai vekkakudaathu, yang artinya kita harus menghindari posisi tidur ke utara, meskipun hal itu membawa keberuntungan sekalipun.

Peribahasa Tamil tersebut ternyata diikuti oleh beberapa penelitian kesehatan tentang posisi tidur. Tubuh manusia memiliki medan magnet, sedangkan bumi merupakan medan magnet.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Melepas Bra Saat Tidur

Lalu apa pengaruhnya dengan posisi tidur?

Jangan Tidur Menghadap ke Utara, Kenapa?

Foto: fitnesshacks.org

Saat kita tidur menghadap utara, medan magnet dalam tubuh menjadi tidak simetris dengan bumi. Posisi tubuh yang tidak simetris, akan menyebabkan masalah pada tekanan darah.

Masalah pada tekanan darah akan membuat jantung bekerja lebih keras. Akibat dari masalah tekanan darah ini, saat tua nanti, pembuluh darah akan semakin melemah dan kita mudah terjangit stroke.

Menurut ahli, saat kita memposisikan tubuh secara horizontal maka denyut nadi akan menurun. Seseorang yang tidur menghadap utara selain mengalami masalah tekanan darah, bisa juga mudah mengalami stres, dan gangguan tidur.

Jika kamu mudah tersinggung setelah terbangun, bisa jadi kamu salah menghadap saat tidur. Untuk mencegahnya, kamu bisa mencoba tidur menghadap timur atau selatan.

Jadi begitulah penjelasan mengenai tidur menghadap ke utara.

To Top