Pengetahuan

Ternyata Rebahan Bisa Membakar Lemak Tubuh, Begini Caranya

Ternyata Rebahan Bisa Membakar Lemak Tubuh, Begini Caranya

Punya masalah dengan berat badan, tapi tidak sempat berolahraga, atau kamu hanya terbiasa rebahan saja? Taukah kamu bahwa saat kita tidur kita bisa membakar lebih banyak lemak dalam tubuh tanpa harus olahraga. Lho kok bisa, bagaimana cara rebahan membakar lemak tubuh?

1. Meningkatkan metabolisme

Jika kamu kenal dengan orang yang bisa makan apa saja dan tidak pernah berolahraga tapi berat badannya tidak naik sekilo pun. Kemampuan spesial ini berasal dari kelenjar berbentuk kupu-kupu di leher yang di sebut tiroid.

Pada dasarnya tiroid adalah pusat metabolisme, tiroid mengirimkan hormon yang mengontrol seberapa baik pembakaran kalori dalam tubuh. Berikan pembakar kalori alami ini asupan yang dibutuhkannya seperti makanan kaya yodium, seng dan selenium. Itu termasuk garam beryodium, rumput laut, daging, kerang dan kacang brazil.

2. Minum air yang banyak

H2O meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga 10-30%, terutama air dingin. berdasarkan sebuah penelitian, air dingin memaksa tubuh membakar lebih banyak kalori karena harus memanaskan diri agar air di perut lebih hangat. 6-8 gelas sehari akan cukup untuk meningkatkan metabolisme saat rebahan menjadi 50 kalori sehari. Dengan kata lain lemakmu aka tetap terbakar saat sedang istirahat.

3. Mandi air dingin

konsep yang sama juga berlaku pada air mandimu. Jika suhunya dibawah 21 derajat celcius, tubuhmu akan menghangatkan diri dengan menghasilkan lebih banyak panas. Proses ini mempercepat metabolismemu dan kalori yang dibakar meningkat.

Sebuah studi di Institut Kesehatan Nasional Amerika mendapati bahwa mandi dengan suhu dibawah 21 derajat celcius meningkatkan metabolisme sampai 93%. Angka itu melonjak hingga 350% ketika air mencapai suhu 14 derajat celcius. Mulailah mandi dengan air dingin selama 5 menit dan tambah durasinya 1 menit tiap minggu kalau kamu kuat.

4. Tidur nyenyak

Semua tips tadi akan membantumu membakar kalori saat tidur. Yang intinya adalah meningkatkan metabolisme saat rebahan. Dengan tidur 8 jam 300 kalori sebenrnya sudah hilang sendiri.

Selain itu saat kurang tidur, tubuh butuh lebih banyak energi karena tidak didapatkan dari tidur tubuh akan mencai energi dari makanan. kadar hormon menjadikacau, tubuh lebih banyak mengonsumsi hormon lapar dan mengurangi hormon kenyang.

5. Konsumsi suntikan energi dipagi hari

Yang kamu butuhkan di pagi hari adalah segelas kopi hitam tanpa gula. Kopi ini dapat meningkatkan metabolism tubuh dan membantu membakar lemak sambil bersantai.

Institut Kesehatan Nasional Amerika meneliti efek kafein dan menemukan bahwah kafein dapat meningkatkan 29%pembakaran lemak pada orang kurus serta 10% pada orang yang kelebihan bera badan. Kafein menyasar system saraf dan memerintahkan lemak untuk larut.

6. Ganti minyaknya bukan resepnya

Kamu tidak perlu memusuhi gorengan, cukup ubah minyak gorengmu ke alterntif lebih sehat seperti minyak kelapa atau minyak inti sawit. Penelitian menunjukan mereka yang menambahkan 2 sendok makan minyak kelapa saat sarpan tidak merasa lapar saat makan siang dan nafsu makannya lebih kecil di sore hari. Kedua minyak ini lebih mudah di pecah dan di serap tubuh serta membantu metabolisme lebih cepat.

7. Pedaskan makananmu

Tambahkan cabai atau sejenisnya ke menu makanan mu. Makanan pedas seperti ini mengandung zat yang di sebut capsaicin itu zat yang membuatmu mencari susu saat makan makanan super pedas.

Rasa pedas dapat membantu metabolisme tubuh bergerak lebih cepat, sekitar 10 kalori ekstra setiap kali makan. Makanan pedas mengurangi nafsu makan mu, seperti pizza saat makan malam akan membuatmu kenyang lebih lama dan kamu tidak lapar lagi sebelum tidur.

8. Tambahkan serat ke makananmu

Serat pada makanan meningkatkan metabolisme. Meski kamu harus terus menerus makan makanan tidak sehat cobalah gabungkan kacang, apel, dan strawberry.

Saat memasuki system pencernaan serat mencegah tubuhmu menyerap lemak berlebih. Makanan tinggi serat juga lebih lama di kunyah, sehingga kamu akan kenyang lebih lama.

9. Jangan kurangi kalori

Ada mitos yang bilang jika kamu mengurangi, metabolisme akan segera berjalan saat merasakan makanan di perut. Justru sebaliknya, saat kurang makan kerja tubuhmu melambat guna menghemat energi. Sehingga tubuh akan makan dari otot otot yang sudah susah payah kamu bentuk, dan lemak yang tersimpan akan lebih banyak.

Karena tubuhmu menganggap lemak sebagai isolator untuk melindungi organ. Makanlah cukup kalori setiap hari dan pastikan menu mu mengandung banyak serat, karbo kompleks dan protein. Jangan sampai kamu kelaparan.

To Top