Pengetahuan

Ternyata Beginilah Cara Musik Bisa Menghilangkan Stres

Ternyata Beginilah Cara Musik Bisa Menghilangkan Stres

Di saat seperti ini tidak sedikit orang merasakan jenuh dengan kesehariannya, kewalahan dengan masalah di hidupnya, bahkan merasa stres atau depresi.

Mungkin manfaat mendengarkan musik yang ampuh menghilangkan stres bukan hal baru lagi untuk kita ketahui. Tapi tahukah kamu mengapa hal itu bisa terjadi? Jadi bagian musik yang mana yang bisa menenangkanmu, suara si penyanyi kah atau lantunan alat musiknya?

Jadi beginilah cara musik bisa memperbaiki mood mu atau meredakan stres. Lantunan musik yang kamu dengar merupakan getaran gelombang suara. Gelombang suara ini masuk menuju telinga lalu diubah menjadi sinyal listrik dan diteruskan hingga ke otak.

Baca Juga: 5 Alat Musik Buatan Indonesia yang Mendunia

Di otak, sinyal listrik ini menyebar ke berbagai bagian dalam waktu bersamaan. Pertama, sinyal listrik ini menuju ke bagian otak temporal yang bekerja untuk memproses input indra dalam memahami bahasa, dan mengatur emosi.

Sinyal listrik ini juga mengalir ke hipotalamus otak, tempat produksi hormon sekaligus pengatur tekanan darah, denyut jantung, suhu tubuh. Saat merespon sinyal listrik tersebut, hipotalamus langsung bekerja meningkatkan mood bahagia dopamin sambil menurunkan hormon kortisol. Itu sebabnya segala macam gejala yang menyertai stres dapat perlahan-lahan mereda selama kamu mendengarkan lantunan musik.

Tidak berhenti disitu, selanjutnya sinyal listrik tersebut juga masuk ke area otak yang disebut dengan serebelum. Serebelum berfungsi mengkoordinasikan anggota tubuh. Itu sebabnya ketika mendengarkan musik favoritmu, tanpa sadar kamu ingin ikut menghentakkan kaki atau bahkan berjoget mengikuti irama musiknya.

Baca Juga: Bangga, Ini Daftar Alat Musik Buatan Anak Bangsa yang Mendunia

Kemudian bagian otak lainnya yang disebut amigdala bekerja membantu mengatur emosi dan membantu membangkitkan ingatan bahagia akan lagu tersebut.

Di saat yang bersamaan, bagian otak temporal masih terus bekerja untuk menyimpan ingatan baru. Hal tersebut bertujuan agar di masa depan ketika mendengarkan lagu yang sama, kamu akan otomatis mengaitkannya dengan ingatan yang menyenangkan.

Mendengarkan musik memang melibatkan begitu banyak kerja bagian otak dalam waktu bersamaan. Maka terbuktilah manfaat mendengarkan musik sebagai metode murah meriah  untuk menghilangkan stres atau memperbaik mood mu.

To Top