Pengetahuan

Terkuak Fungsi Sikat Di Eskalator, Bukan Buat Bersihin Sepatu

Terkuak Fungsi Sikat Di Eskalator, Bukan Buat Bersihin Sepatu

Semua mal modern sudah menggunakan eskalator agar pengunjung bisa naik tangga tanpa perlu cape berjalan. Jika Anda perhatikan, setiap eskalator pasti memiliki sikat di bagian sisinya. Tahukah Anda apa fungsi sikat tersebut?

Mungkin kebanyakan orang berpikir kalau sikat di eskalator berfungsi untuk membersihkan sepatu. Namun anggapan itu salah, sikat tersebut justru memiliki peranan penting dalam menjaga keselamatan pengguna eskalator.

Begini penjelasannya

Terkuak Fungsi Sikat Di Eskalator, Bukan Buat Bersihin Sepatu

Foto: worldofbuzz.com

Menurut Reed & Mansfield, sebuah firma hukum terkemuka di California, menjelaskan bahwa kecelakaan yang terjadi di eskalator bisa disebabkan karena beberapa hal.

Di antaranya adalah kaki diseret di antara dua langkah eskalator atau kaki yang terperangkap di sisi eskalator. Keduanya dapat menyebabkan luka fatal hingga menyebabkan kematian.

Baca Juga: 7 Foto Miris Ini Ingatkan Kamu Agar Hati-Hati Saat Naik Eskalator

Di sinilah sikat pada eskalator berperan untuk menjaga keamanan dan keselamatan pengguna. Sikat tersebut mencegah orang untuk berdiri di ujung pinggir eskalator dan mencegah kaki terperangkap di sisi eskalator.

Ada fungsi yang lebih penting

Terkuak Fungsi Sikat Di Eskalator, Bukan Buat Bersihin Sepatu

Foto: worldofbuzz.com

Namun yang paling penting bukan itu. Sikat di eskalator memiliki fungsi untuk memfilter debu, rambut dan puing-puing lainnya agar tidak masuk ke dalam roda gigi eskalator dan membuat eskalator meledak.

Dilansir dari Worldofbuzz, Eskalator pertama kali dipatenkan pada tahun 1892 dan sejak saat itu desainnya tetap sama. Namun pada tahun 1987 sebuah insiden mengerikan terjadi ketika eskalator stasiun bawah tanah di London meledak dan menewaskan 31 orang.

Kenapa eskalator bisa sampai meledak? Ketika diselidiki, di bagian rangka bawah mesin eskalator ditemukan tumpukan serpihan kertas, serat, bulu, bahkan minyak. Gesekan antara roda dan puing-puing menyebabkan kebakaran dan membuat eskalator meledak.

Sejak kejadian itu, eskalator modern menambahkan fitur-fitur keamanan seperti tombol berhenti darurat, alat penyiram otomatis dan tentu saja sikat deflektor.

Setelah mengetahui semua ini, Anda jangan menggunakan sikat di eskalator untuk membersihkan sepatuh yah!

You May Like

To Top