in ,

Takjil Itu Bukan Makanan Lho, Ini Arti Sebenarnya

Takjil Itu Bukan Makanan Lho, Ini Arti Sebenarnya 1

Selama bulan Ramadhan, pasti kalian bakalan sering melihat dan mendengar kata takjil, baik itu di restoran, televisi, media sosial, warung atau di pasar. Lalu apa yang terlintas di benak kalian ketika mendengar takjil?

Kebanyakan orang pasti menganggap kalau takjil adalah makanan atau minuman ringan untuk berbuka. Jadi semuanya sudah sepakat kalau takjil intinya adalah makanan atau minuman. Tapi apakah takjil itu benar-benar berarti makanan?

Selama ini, anggapakan kalian tentang takjil sebenarnya salah. Takjil bukan berarti makanan, tapi ada arti lain yang tidak diketahui banyak orang. Penasaran apa arti takjil yang sebenarnya?

Takjil atau ta’jil memiliki arti “bersegera” yang diambil dari hadist Nabi: “La yazalunn asu bikhairin ma ‘ajjaluuhul fithra. Artinya: Manusia senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka (puasa).” (HR. Muttafaq alaih)

Baca Juga: 5 Resep Takjil Enak Untuk Buka Puasa (Part 1)

Takjil bukanlah makanan

Arti takjil yang sebenarnya

Dalam bahasa Arab, ta’jil memiliki arti “penyegaran, bersegera atau percepatan”. Memiliki kata dasar dari ajjala, yu’ajjilu yang artinya menyegarkan, mempercepat. Ta’jilul fitri yang artinya menyegarkan berbuka.

Dari keterangan di atas, dapat diketahui bahwa makna takjil atau ta’jil tidak ada hubungannya sama sekali dengan makanan. Jadi bisa diartikan ta’jil adalah mempercepat berbuka puasa saat tiba waktunya.

Kalau ada orang arab bicara takjil dengan kurma, berarti dia segera berbuka yang diawali dengan makan kurma.

Sampai segini, apakah kalian sekarang sudah paham makna takjil yang sebenarnya?

Loading...