Pengetahuan

Tahukah Kamu Efek Buruk Minuman Boba Untuk Kulitmu?

Tahukah Kamu Efek Buruk Minimuman Boba Untuk Kulitmu?

Ketika mood lagi buruk, minuman boba bisa jadi solusi untuk booster mood kamu. Tidak hanya memberikan kesegaran dan menyenangkan, sering kali bubble tea atau boba dijadikan minuman pilihan saat nongkrong atau ngumpul sembari berbincang dengan teman-teman.

Kalau sudah doyan banget nih, pasti kamu konsumsi boba setiap hari. Karena boba banyak mengandung gula, tentu tidak baik dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Rumah sakit Mount Alvernia di Singapura mengungkapkan bahwa segelas brown sugar bubble tea mengandung hingga 18.5 sendok gula, padahal anjuran konsumsi gula harian hanyalah 100 kalori untuk perempuan dewasa dan 150 kalori untuk laki-laki atau setara dengan 6-9 sendok teh gula saja.

Efek dari mengonsumsi berlebih bubble tea atau boba ternyata tidak hanya mengganggu kesehatan tubuhmu, tapi juga mempengaruhi kondisi kulitmu. Berikut beberapa dampak buruk boba untuk kulitmu.

Baca Juga: Selain Minuman, Ini 7 Sajian Lezat Dengan Boba yang Bikin Ngiler

1. Kulit menjadi kusam

Kandungan tepung tapioka dan gula pada boba memang tidak memiliki nutrisi untu kulit. Justru dua bahan ini bisa menghambat nutrisi yang seharusnya kamu dapat dari makanan lain.

2. Menghancurkan kolagen

Kolagen penting untuk tampilan sehat dan elastisitas kulit muda. Kolagen sendiri kurang lebih mencapai 30 persen dari seluruh protein yang ada di tubuh.

Kandungan gula berlebih pada tubuh menyebabkan proses bernama glycation, proses di mana serat-serat kolagen dihancurkan.

3. Memicu jerawat

Minuman atau makanan yang memiliki kadar gula tinggi mendorong peradangan pada kulit yang mengalami jerawat. Hal itu disebabkan karena terjadinya peningkatan kadar insulin dalam tubuh.

4. Memicu alergi kulit

Pernahkah kamu mendengar eczema atau eksim yang merupakan salah satu jenis alergi pada kulit. Tanda-tandanya adalah kulit menjadi kemerah-merahan, kering, basah, tebal, dan bersisik. Hati-hati ya keseringan mengonsumsi boba ternyata memicu alergi juga pada kulit lagi-lagi karena kadar gulanya yang tinggi.

Nah jadi itulah dampak kalau terlalu sering mengonsumsi boba atau bubble tea. Bukannya tidak boleh, tapi jangan terlalu sering ya. Kamu juga harus mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya nutrisi agar tubuhmu tetap sehat dan bugar.

To Top