Pengetahuan

Tahu Tidak Kalau Mandi Juga Punya Urutannya?

Tahu Tidak Kalau Mandi Juga Punya Urutannya?

Mandi adalah kebutuhan semua orang. Selain dapat membersihkan tubuh dari debu, keringat dan bakteri, beberapa orang menjadikan mandi sebagai pelepas penat mereka.

Bisa kamu bayangkan setelah beraktivitas seharian, kamu menikmati mandi sore dengan air hangat. Rasanya sangat rileks bukan?

Nah, meskipun mandi dinilai aktivitas sehari-hari yang sepele, ternyata ada urutan mandi yang baik dan benar. Kamu sudah tahu? Begini urutannya.

1. Menggosok gigi

Tahu Tidak Kalau Mandi Juga Punya Urutannya?

Foto: northwestfamilydental.com

Kamu bisa membersihkan gigimu terlebih dahulu sebelum membersihkan bagian tubuh lainnya.

2. Keramas

Tahu Tidak Kalau Mandi Juga Punya Urutannya?

Foto: today.com

Jika kamu selalu mencuci rambut alias keramas setiap kali mandi, kamu sebaiknya menempatkannya pada urutan pertama atau setelah menggosok gigi.

Kenapa harus pertama? Karena jika kamu keramas setelah membersihkan tubuh, dikhawatirkan kotoran dari rambut yang larut bersama air akan mengenai tubuh. Inilah salah satu penyebab kenapa ada jerawat di bagian punggung atau bagian dada.

3. Membersihkan tubuh

Tahu Tidak Kalau Mandi Juga Punya Urutannya?

Foto: parenting.firstcry.com

Nah, sekarang kamu sudah boleh membersihkan tubuhmu dengan sabun. Ingat, jangan terlalu lama ya karena tidak baik untuk kelembaban kulit. Pastikan juga sabun yang kamu gunakan sesuai dengan jenis kulitmu.

Perhatikan juga kandungan di dalamnya seperti butiran scrub, bahan alami seperti biji-bijian, dan lain-lain.

4. Mengeringkan tubuh dengan handuk

Tahu Tidak Kalau Mandi Juga Punya Urutannya?

Foto: huffpost.com

Setelah selesai mandi, jangan lupa mengeringkan tubuhmu dengan handuk. Hal ini bertujuan untuk mencegah dirimu terkena masuk angin. Kulit yang terlalu lama terkena air juga menyebabkan kamu menggigil dan terjangkit flu.

5. Mencuci wajah

Tahu Tidak Kalau Mandi Juga Punya Urutannya?

Foto: pinterest.com

Terakhir, kamu bisa mencuci wajahmu. Kenapa mencuci wajah di akhir? Hal ini dimaksudkan agar jarak waktu dari saat mencuci wajah dan menggunakan produk perawatan wajah tidak terlalu lama.

Sesaat setelah kamu mencuci wajah, tempelkan handuk atau tisu untuk mengeringkan wajah kemudian gunakan produk seperti toner atau pelembab. Karena kulitmu sedang dalam posisi sangat siap untuk menerima produk-produk tersebut.

Berbeda jika kamu membersihkan wajah di awal. Wajahmu akan terasa kering dan seolah tertarik. Inilah salah satu penyebab kenapa banyak orang yang merasa sia-sia menggunakan produk perawatan wajah.

Nah, itulah beberapa urutan mandi yang baik dan benar. Urutan mandimu sudah sesuai atau belum?

To Top