Pengetahuan

Suka Menggerakan Kaki Tanpa Sadar Saat Duduk? Mungkin Anda Mengidap Ini

Suka Menggerakan Kaki Tanpa Sadar Saat Duduk? Mungkin Anda Mengidap Ini

Apakah Anda sering menggerakkan kaki turun naik saat sedang duduk atau saat rebahan? Anda sendiri pasti tidak sadar kenapa suka melakukan itu dan mungkin mengira kalau Anda menderita penyakit tertentu.

Walaupun bukan sesuatu yang mengancam jiwa, tapi tetap saja kalau terlalu sering melakukannya, Anda pasti merasa terganggu.

Ternyata ada beberapa alasan kenapa Anda sering menggerakan kaki tanpa sadar saat sedang duduk. Kemungkinannya Anda mengidap kondisi tertentu atau memang sudah jadi kebiasaan saja. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

1. Bosan

Kebiasaan seperti ini ternyata kerap ditemukan di kalangan pelajar. Salah satu yang jadi penyebabnya adalah rasa bosan yang dirasakan oleh mereka.

Pelajar yang menghabisnya banyak waktu untuk duduk jelas merasakan kebosanan sehingga dorongan untuk menggerakkan atau menggoyangkan kaki itu sering muncul.

Dorongan itu pun dipicu karena pikiran mereka yang dipaksa untuk bergerak sementara fisiknya yang dipaksa untuk tetap diam.

Baca Juga: Ini Artinya Jika Kucing Datang dan Mengelus Kaki Kita

2. Konsentrasi

Berdasarkan penelitian, kontrol kognitif dan fungsi motorik bekerja secara stimultan dalam otak. Oleh karenanya, orang akan lebih mudah berkonsentrasi jika mereka melakukan aktivitas fisik juga. Gerakan kaki yang intens merupakan salah satu aktivitas fisiknya. Ternyata itu merupakan cara untuk mencoba konsentrasi dan fokus.

3. Sindrom Kaki Gelisah atau Restless Leg Syndrome

Penderita sindrom ini ditandai dengan sensasi tidak menyenangkan yang menimbulkan dorongan kuat untuk menggerakkan dan menghentakan kaki.

Sensasi ini dihubungkan dengan rasa gatal, rasa geli, atau rasa ada sesuatu yang bergerak merayap di dalam tubuh. Dorongan untuk menggerakkan kaki biasanya mereka rasakan saat sedang mencoba untuk tidur, santai, belajar, membaca, atau saat mereka sedang ingin melakukan sesuatu dengan tenang.

4. Efek samping obat-obatan

Orang yang menggunakan obat-obatan jenis analeptik atau stimulan merasa mudah gelisah dan cemas. Tanpa sadar karena hal tersebut mereka memiliki dorongan kuat untuk menggerakkan kaki.

Semakin sering mereka menggoyangkan kaki, indikasi penggunaan analeptiknya juga semakin kuat. Akhirnya kamu tahu beberapa penyebab mengapa ada orang keseringan menggerakkan kakinya.

Nah apabila kamu mengalaminya, pastikan masih dalam kendali ya. Jika tidak kamu bisa konsultasikan dengan para ahli medis, supaya dorongan menggerakkan kaki tanpa sadar tersebut tidak mengganggu aktivitasmu apalagi mengganggu orang lain.

To Top