in , ,

Suka Berbicara Saat Tidur? Ini Artinya!

Suka Berbicara Saat Tidur? Ini Artinya!
Ilustrasi (Foto: dreams.co.uk)

Dikenal juga dengan istilah somniloquy, sleep-talking merupakan gangguan di mana seseorang akan berbicara saat tertidur tanpa disadari. Orang yang mengalami gangguan ini bisa membicarakan apa saja tanpa mereka sadari.

Gangguan ini secara teknis memang tidak berbahaya bagi kesehatan atau berdampak buruk bagi yang mengalaminya. Akan tetapi menurut sebuah penelitian terbaru, kebanyakan orang yang pernah mengalami gangguan ini sering mengeluarkan kata-kata bernuansa negatif.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Dr Isabelle Arnulf, seperti dilansir Mirror, menjelaskan bahwa bicara saat tidur kemungkinan besar akan mengeluarkan kata-kata negatif dan vulgar.

Ada 232 orang dewasa yang berpartisipasi dalam penelitian ini. 129 orang di antaranya memiliki gangguan prilaku tidur REM, 87 peserta lainnya mengalami gangguan tidur berjalan atau teror malam, satu orang menderita sleep apnea, dan sisanya tidak memiliki gangguan tidur.

Namun ada juga beberapa peserta yang berbicara saat sedang tertidur dalam beberapa malam. Umumnya mereka mengatakan “tidak”, 24 persen dari peserta yang mengalami gangguan ini mengeluarkan kata-kata konten negatif, dan 22 persen lainnya mengeluarkan kata-kata “jahat” atau kasar.

Baca juga: 6 Hal Misterius dan Tak Masuk Akal Ini Bisa Terjadi Saat Anda Tidur

Sementara 10 persen lainnya lebih suka mengatakan sumpah serapah, padahal saat bangun mereka jarang mengucapkan kata-kata tersebut.

Dr Arnulf mengatakan kalau berbicara saat tertidur sama dengan berbicara seperti biasanya dengan tata bahasa yang benar.

Perbedaannya, berbicara saat tidur lebih vulgar, tegang, bernuansa negatif, dan ditujukan pada seseorang bukan untuk diri sendiri. Kondisi ini bisa menggambarkan aktivitias mimpi yang dibarengi perasaan tegang.

Jadi kemungkinan besar orang yang sering mengalami gangguan ini, bisa saja ia memiliki pikiran kotor atau suka menyinggung perasaan orang lain.

Loading...
Loading...