Pengetahuan

Sejarah Hari Ibu Diperingati Tanggal 22 Desember

Sejarah Hari Ibu Diperingati Tanggal 22 Desember

Sosok Ibu memang menjadi sosok spesial yang tak tergantikan bagi siapapun. Maka ketika datang Hari Ibu, seluruh orang di dunia akan merayakannya.

Hari Ibu adalah hari yang spesial bagi seorang ibu dan anak, karena di hari inilah momen yang tepat untuk mencurahkan rasa sayang kita sebagai anak kepada bunda yang selama ini telah susah payah membesarkan kita.

Ya kasih sayang ibu memang tak bisa diukur dengan apapun. Hanya doa dan kebaikan yang bisa membalas semua jasa ibu kita.

Sebentar lagi Hari Ibu akan tiba, tepatnya pada 22 Desember. Namun sebenarnya, peringatan hari ibu berbeda-beda di setiap negara lho, tahu gak?

Di beberapa negara Eropa, Hari Ibu diperingati setiap tanggal 8 Maret. Di Amerika serta lebih dari 75 negara lainnya seperti Australia, Jepang, Singapura, Malaysia, dan Belanda Hari Ibu diperingati pada hari Minggu pekan kedua di bulan Mei.

Baca Juga: 10 Foto Ini Buktikan Tidak Akan Ada Orang yang Mencintaimu Sebesar Ibu dan Ayahmu

Sementara di Inggris dikenal sebagai Mothering Sunday diperingati pada hari Minggu. Lalu Indonesia sendiri memilih tanggal 22 Desember sebagai peringatan hari ibu.

Penetapan itu disesuaikan dengan kenyataan bahwa Hari Ibu pada hakikatnya merupakan tonggak sejarah perjuangan perempuan sebagai bagian dari perjuangan bangsa.

Pada tanggal 22 Desember 1928 pertama kalinya diselenggarakan Kongres Perempuan Indonesia yang dilangsungkan di Jogjakarta. Kongres ini dihadiri oleh 600 perempuan dari 30 organisasi perempuan yang berasal dari kota di Jawa dan Sumatera dengan berbagai latar belakang pendidikan dan usia.

Kemudian Presiden Soekarno melalui Dekrit Presiden Nomor 316 tahun 1959 menetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu.

Peringatan Hari Ibu di Indonesia awalnya dimaksudkan untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia.

Kemudian dalam perkembangannya saat ini konsep peringatan Hari Ibu sedikit bergeser. Tentu tak ada salahnya bila Hari Ibu juga dirayakan untuk menghargai jasa para ibu dalam membesarkan, merawat dan mendidik anak-anak mereka.

Terima kasih untuk para ibu yang telah menjadi pahlawan bagi kami, dahulu, sekarang, dan nanti.

To Top