Pengetahuan

Pilihan Tabungan Reksa Dana Untuk Kamu yang Baru Lulus

Pilihan Tabungan Reksa Dana Untuk Kamu yang Baru Lulus

Mencapai kebebasan finansial di usia muda bukan hal yang mustahil. Asal mau berusaha, kamu pasti bisa, kok. Salah satu cara yang wajib dilakukan adalah dengan mulai berinvestasi. Tetapi hati-hati dan jangan mudah tergiur investasi bodong yang menjanjikan keuntungan tak masuk akal, ya.

Tabungan reksa dana bisa jadi pilihan investasi yang cocok buat kamu yang baru lulus kuliah dan masih hijau di dunia pasar modal. Selain minim risiko, modal awal untuk membuka rekening RD juga kecil, Rp100.000 saja.

Kenapa Reksa Dana Cocok untuk Fresh Graduate?

Ada beberapa alasan kenapa produk keuangan reksa dana sangat direkomendasikan untuk para fresh graduate yang baru bekerja.

1. Mudah Dipelajari

Dibandingkan instrumen investasi lain seperti saham dan obligasi, reksa dana menawarkan skema dan prosedur yang sangat mudah dipelajari. Kamu yang masih pemula di dunia investasi pun akan dengan cepat memahami teorinya. Selanjutnya, kamu hanya perlu memantau kinerja reksa dana tersebut secara berkala.

2. Modal Awal Kecil

Penghasilan yang masih minim sering jadi hambatan banyak orang untuk berinvestasi. Mulai sekarang singkirkan pikiran bahwa investasi butuh modal besar, sebab di reksa dana hal semacam itu tidak berlaku.

Reksa dana menawarkan pilihan berinvestasi dengan modal awal yang sangat kecil, mulai Rp100.000. Selanjutnya, kamu bahkan bisa membeli unit RD dengan nominal seharga kopi favoritmu, lho.

3. Minim Risiko

Prinsip dasar investasi adalah high risk high return. Kamu harus siap menanggung risiko besar jika mengharapkan keuntungan yang besar pula. Nah, buat para fresh graduate yang masih takut dengan volatilitas (turun naik harga) yang tajam, reksa dana adalah pilihan yang aman dan terbaik.

Dikelola oleh Manajer Investasi (MI) profesional, reksa dana memiliki tingkat risiko yang jauh lebih rendah dibandingkan instrumen investasi lain seperti saham. Pergerakan harganya pun bertahap, tidak terjadi secara drastis.

4. Imbal Hasil sampai 6% Per Tahun

Dengan tingkat risiko yang cukup rendah, tabungan reksa dana menawarkan imbal hasil yang lumayan tinggi, mencapai 6% per tahun. Keuntungan yang didapat berupa peningkatan nilai reksa dana yang mengikuti peningkatan harga saham saat itu.

Saat ini ada 4 macam reksa dana yang memiliki karakteristik berbeda:

  • Reksa Dana Pasar Uang
  • Reksa Dana Pendapatan Tetap
  • Reksa Dana Campuran
  • Reksa Dana Saham

Pilihan jenis tabungan reksa dana tidak sama pada tiap orang tergantung kebutuhan, kondisi finansial, serta target investasinya—jangka panjang atau pendek. Selain RD, kamu juga bisa mencoba berinvestasi melalui Qazwa.

Dengan modal awal mulai Rp5.000 saja, platform investasi online yang terdaftar di MUI dan OJK ini menawarkan imbal hasil sampai 24% setahun. Yuk, mulai hijrah finansialmu bersama Qazwa melalui pembiayaan syariah agar hidup jadi lebih berkah.

To Top