Pengetahuan

Tips Menjaga Kesehatan Saat dan Setelah Banjir

Tips Menjaga Kesehatan Saat dan Setelah Banjir

Bencana banjir yang melanda daerah Jakarta dan sekitarnya mulai mereda. Beberapa korban banjir yang mengungsi pun berangsur berkurang.

Sementara prediksi cuaca mengatakan curah hujan masih tinggi dalam beberapa hari ke depan mengingat memang sedang musim hujan.

Selain menyebabkan kerugian material, banjir juga meningkatkan kemungkinan terserang beberapa penyakit. Beberapa penyakit tersebut biasanya disebabkan oleh bakteri, dimana pada saat banjir atau pasca banjir meningkat penularan penyakitnya.

Sebagai contoh penyakit yang sering terjangkit saat atau setelah banjir adalah diare. Diare disebabkan oleh konsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri. Kondisi kebersihan yang buruk saat banjir berkontribusi terhadap berkembangnya diare.

Baca Juga: 10 Foto-Foto Banjir yang Melanda Wilayah Jabodetabek

Selain diare ada pula Leptospirosis yaitu penyakit yang disebabkan oleh air banjir yang bercampur dengan kotoran tikus atau hewan-hewan lainnya yang ikut terbawa arus banjir tersebut.

Nah agar tidak terjangkit penyakit-penyakit tersebut, sebaiknya kamu melakukan pencegahan semaksimal mungkin untuk menjaga kesehatan saat dan setelah banjir. Berikut ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari penyakit.

  1. Selalu mencuci tangan dengan sabun atau antiseptik sebelum makan.
  2. Konsumsi hanya air bersih atau air mineral dan makanan yang higeinis.
  3. Menggunakan sepatu bot dan sarung tangan saat harus beraktivitas di lingkungan yang masih banjir.
  4. Menggunakan masker saat membersihkan rumaha pasca banjir.
  5. Segera ganti pakaian yang basah dengan pakaian kering untuk mencegah demam.
  6. Lindungi dengan baik apabila ada bagian tubuh yang terluka supaya tidak mudah terkena bakteri.
  7. Istirahat cukup dan menjaga tubuh tetap hangat.

Itu tadi cara-cara yang bisa dilakukan untuk pencegahan penyakit selama banjir dan pasca banjir. Ingat yang terpenting adalah selalu memastikan kebersihan diri dan sekitar. Semoga tetap sehat dan semoga bencana banjir segera usai.

To Top