in ,

Kenapa Badan Terasa Lemas Sekali di Hari Pertama Puasa?

Tubuh lemas di hari pertama puasa

Bagaimana, kalian semangat menjalani hari pertama puasa? Pastinya semangat donk, tapi kok aneh yah badan suka terasa lemas sekali kalau hari pertama puasa. Padahal hari-hari puasa selanjutnya, badan suka gak terasa lemas walau lapar dan haus.

Dilihat dari sisi ilmiah, ada alasan kenapa di hari pertama puasa badan suka terasa lemas sekali. Logiknya begini, tubuh belum terbiasa dan belum mampu menyesuaikan dengan keadaan perut kosong. Sebelum puasa, setidaknya kamu sudah mengisi perut dengan sarapan atau makanan lainnya.

Namun ketika mulai puasa, tubuh tidak akan mendapatkan gizi selama berjam-jam setelah sahur. Padahal tubuh butuh karbohidrat yang nantinya akan diolah jadi gula. Kemudian gula akan diproses menjadi sumber energi untuk tubuh. Otomatis, selama puasa tubuh tidak akan mendapatkan energi.

Baca Juga: Jangan Dipersulit! Ini Doa Niat Puasa Ramadhan yang Benar

Tubuh butuh penyesuaian

Tubuh lemas di hari pertama puasa
Foto: jellygamatcapsule.com

Sumber energi yang didapat setelah sahur hanya mampu bertahan selama beberapa jam saja. Oleh karena itu, di siang dan sore hari tubuh sudah terasa lemas karena tubuh sudah kehabisan energi.

Namun jangan khawatir, itu hanya proses penyesuaian tubuh karena belum terbiasa puasa. Setelah beberapa hari puasa, tubuh akan mulai membaca kebiasaan baru, yaitu tidak mendapatkan asupan karbohidrat selama berjam-jam.

Tubuh secara otomatis akan menghemat kadar gula dalam tubuh dan menyimpannya dalam waktu yang lama. Selama puasa, tubuh akan membakar gula secara pelan-pelan.

Akan tetapi penyesuaian itu perlu waktu. Oleh sebab itu, tubuh pasti terasa lemas di hari pertama puasa. Namun setelah berjalan selama beberapa hari, tubuh mulai menyesuaikan dan tubuh tidak akan mudah lemas lagi.

Bagaimana, sudah paham? Semangat yah menjalani hari pertama puasanya!

Loading...