in

Kenapa Amerika Selalu Mendukung Israel?

Kenapa Amerika Selalu Mendukung Israel?
Foto: aim.org

Pengakuan Yerusalem sebagai ibukota Israel oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump beberapa waktu lalu sempat membuat dunia terkejut. Hal ini semakin memperkuat bukti bahwa hubungan Amerika dan Israel memang ada yang spesial.

Waktu perang di Palestina pada tahun 2014 lalu saja, Amerika selalu mendukung Negeri Zionis itu meskipun sudah jelas melakukan kejahatan perang terhadap warga Gaza. Lalu yang jadi pertanyaan, kenapa Amerika selalu mendukung Israel, termasuk memberikan dukungan diplomatik dan bantuan dana miliaran dolar?

Rupanya ada alasan kenapa hubungan Amerika dan Israel begitu erat, sampai-sampai kedua negara ini selalu mendukung satu sama lain meskipun tindakan mereka salah.

Pertemanan AS-Israel dimulai sejak Perang Dingin.

Kenapa Amerika Selalu Mendukung Israel?
Foto: sunray22b.net

Semulanya, dua negara ini tidak memiliki hubungan erat. Bahkan presiden AS ke-34, Dwight D. Eisenhower secara khusus menentang Israel selama Perang Suez tahun 1956, dimana Israel, Perancis dan Inggris berperang melawan Mesir.

Namun saat Perang Dingin berlangsung, AS melihat kalau Israel bisa membantunya melawan pengaruh Soviet di Timur Tengah. Dua negara ini mulai menjalin pertemanan sejak tahun 1973, ketika AS membantu menyelamatkan Israel dari serbuan pasukan Arab, demikian seperti yang dikutip dari situs Vox.com.

Selain Perang Dingin, aksi jihadisme atau terorisme diduga semakin memperkuat hubungan Israel dan AS. Persamaan kepentingan dan ideologi juga semakin membuat hubungan dua negara ini semakin erat.

AS selalu mengocorkan dana besar untuk Israel.

Kenapa Amerika Selalu Mendukung Israel?
Foto: thefederalistparty.org

Baca juga: 4 Dosa Keji Tentara Amerika Terhadap Warga Irak

Terlepas dari alasan-alasan tersebut, dukungan AS terhadap Israel benar-benar sangat besar, seperti memberikan bantuan rutin sebesar 3 miliar dolar per tahun kepada Negeri Zionis itu.

Ditambahkan lagi fakta bahwa Presiden Donald Trump mengakui secara resmi bahwa Yerusalem adalah ibukota Israel.

Sementara itu, dalam buku karangan Dennis Roos yang berjudul “Doomed to Succeed: The U.S.-Israel Relationship from Truman to Obama”, seperti dikutip situs Al Jazerra, mengungkapkan bahwa ada tiga poin utama dalam hubungan Amerika dan Israel.

Kenapa Amerika Selalu Mendukung Israel?
Foto: csmonitor.com

Berikut tiga poin tersebut:

1. Israel selalu benar

2. Amerika akan selalu menganggap benar Israel, membela perangnya, dan memberi penghargaan atas agresi dan penyangkalannya.

3. Menurut Ross, Palestina bukan prioritas orang Arab.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan kalau Amerika dan Israel memang memiliki hubungan yang kuat untuk meraih tujuan tertentu.

Loading...
Loading...