Pengetahuan

Kebiasaan Sepele Saat Tidur yang Bisa Membuat Wajahmu Berjerawat

Kebiasaan Sepele Saat Tidur yang Bisa Membuat Wajahmu Berjerawat

Jerawat memang musuh semua orang. Kamu sudah menjaga kebersihan wajah, menjaga asupan nutrisi, dan memakai produk anti jerawat. Tapi wajahmu masih saja berjerawat? Mungkin kamu masih memiliki kebiasaan buruk saat tidur.

Memang apa hubungannya tidur sama jerawat? Tanpa kalian sadari, kebiasaan sepele yang sering kamu lakukan saat tidur ini bisa membuat wajahmu terlihat berjerawat.

1. Jarang mengganti sarung bantal

Jika kamu memiliki kebiasaan jarang mengganti sarung bantal, yuk buang kebiasaan ini jauh-jauh. Minimal kamu bisa mengganti sarung bantal 2 minggu sekali. Di sarung bantal ada banyak bakteri dari keringat saat kamu tidur, mimyak wajah, atau kotoran dari rambut. Jadi mulai sekarang, ganti sarung bantal secara rutin ya.

2. Menggunakan pelembab tangan sebelum tidur

Memang diperbolehkan menggunakan krim tangan atau pelembab sebelum tidur. Tapi, seteleh menggunakannya jangan tidur dengan posisi kepala atau wajah bertumpu pada tangan. Kandungan minyak dan pewangi dalam krim tangan sangat tidak cocok dengan wajah. Hal ini bisa menimbulkan jerawat pada wajah.

Baca Juga: Warna Dinding Kamar Tidur Bisa Tunjukkan Kepribadianmu

3. Makan di atas tempat tidur

Hindari kebaisaan makan di atas tempat tidur. Remahan dari makanan yang jatuh ke tempat tidur bisa menjadi sarang bakteri. Sisa makanan ini juga akan menjadikan kasur kotor. Bisa dibayangkan bagaimana kulitmu saat tidur di atas tempat kotor.

4. Menggunakan deterjen yang tidak tepat

Deterjen memang berfungsi untuk membersihkan dan menghilangkan bau kain. Tapi jika kamu memiliki kulit sensitif dan mudah berjerawat, kamu harus menggunakan deterjen yang ramah untuk kulitmu.

Kandungan dalam deterjen seperti pewangi dan anti bakteri bisa jadi tertinggal dan menjadi residu pada sarung bantal. Hal ini akan membuat kulitmu berjerawat. Jadi pilihlah deterjen yang aman untuk kulit Dan pastikan takaran saat menggunakannya tidak berlebihan.

5. Membiarkan rambut kotor

Saat kamu merasa rambutmu kotor karena keringat, debu atau polusi, sebaiknya keramaslah terlebih dahulu sebelum tidur. Minyak dan kotoran dari rambut akan menempel pada sarung bantal.

Kotoran yang ada pada sarung bantal akan berpindah ke wajahmu. Inilah alasan kenapa kamu berjerawat. Jadi, biasakan mencuci rambut secara rutin sebelum tidur. Tidak perlu setiap hari, karena mencuci rambut setiap hari malah akan membuat rambutmu rusak dan kering.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang perlu kamu hindari agar terhindar dari jerawat. Semoga bermanfaat!

To Top