Pengetahuan

Kamu Sudah Tahu Apa Itu Social Distancing?

Kamu Sudah Tahu Apa Itu Social Distancing?

Di tengah mewabahnya virus corona atau COVID-19, kepanikan masyarakat membuat tenang kesehatan dan pemerintah kewalahan. Beberapa negara sudah mencoba bangkit dari wabah satu ini. Kini, Indonesia juga tengah berjuang untuk melawan kepanikan dan virus secara bersamaan. Dari beberapa kiat pemerintah tentang wabah virus corona, ada satu hal yang kini tengah gencar dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus.

Kamu sudah tahu apa maksud dari Social Distancing?

Social distancing adalah tindakan untuk mengurangi kontak antar manusia. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penyebaran infeksi atau penyakit tertentu. Dalam kasus ini, social distancing dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus dari satu manusia ke manusia lainnya.

Apa saja yang dilakukan untuk melancarkan program social distancing? Ada 3 hal yang perlu kamu perhatikan saat masa social distancing.

Yang pertama, kamu harus bisa menghindari

pertemuan kelompok, menginap di rumah orang lain, menghadiri konser, nonton bioskop, belanja di tempat ramai, mengunjungi mall, gym, menggunakan transportasi publik, atau mendatangi acara olah raga. Beberapa hal tersebut sangat rawan bagi seseorang tertular infeksi atau virus. Inilah sebabnya sekolah-sekolah diliburkan untuk mengurangi kontak saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.

Baca Juga: 10 Potret Social Distancing Karena Virus Corona Agar Tidak Tertular

Yang kedua, kamu harus berhati-hati saat

makan di restoran, belanja di supermarket, memesan makanan atau obat, berolah raga, atau travelling. Mungkin memang ada beberapa hal yang tidak bisa kamu hindari. Seperti makan di luar atau berbelanja. Hal tersebut sebenarnya boleh-boleh saja, namun saat masa social distancing, kamu perlu berhati-hati demi kesehatanmu. Kamu perlu memperhatikan kebersihan tangan dan daya tahan tubuhmu saat beraktivitas di luar ruangan.

Yang terakhir, hal aman yang bisa kamu lakukan adalah

mendengarkan radio, berkebun, membersihkan rumah, membaca buku, menonton TV, memasak, atau melakukan video call. Mungkin beberapa orang akan merasa bosan saat melewati masa social distancing. Apalagi bagi mereka yang suka keramaian, hal ini bisa membuat stres. Tapi, banyak hal positif yang bisa kamu lakukan di rumah. Selain berkumpul bersama keluarga, membereskan dan membersihkan rumah akan terasa menyenangkan jika dilakukan bersama.

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat melakukan social distancing. Ingat untuk selalu mencuci tangan setelah bersalaman atau memegang barang di tempat umum dengan air dan sabun. Jaga daya tahan tubuh dan berdoa agar Indonesia bisa segera melewati wabah ini. Semoga bermanfaat!

To Top