Pengetahuan

7 Dampak Negatif Terlalu Lama Menjomblo

7 Dampak Negatif Terlalu Lama Menjomblo

Manusia pada dasarnya merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain. Buktinya kita tidak akan hidup seperti sekarang ini tanpa adanya bantuan dari orang tua yang membesarkan kita. Dan tentunya mempunyai pasangan merupakan suatu hal yang sangat berperan penting dalam hidup kita setelah orang tua.

Tahukah kamu, diluar sana ada sebagian orang yang lebih memilih sendiri. Menurut mereka hidup sendiri lebih menyenangkan, hidup bebas tanpa ada yang mengatur, tidak penuh drama dan lainnya. Memilih hidup sendiri memang bukan sebuah kesalahan, karena itu merupakan pilihan mereka.

Mungkin mereka yang memilih hidup sendiri karena pernah di kecewakan oleh orang yang paling dicintainya. Hingga tak mau mengenal apa itu cinta. Tapi tidak baik juga jika kamu terus menerus hidup dalam kesendirian, kita hidup karena cinta dengan perantara orang tua.

Suatu riset pernah menemukan bahwa beberapa orang yang cukup lama menghabiskan waktu sendirian, kesepian atau tak bersosialisasi, bakal merasa melihat wajah boneka juga sebagai wajah manusia. Lebih jauh lagi, beberapa orang yang kesepian nyatanya mempunyai lebih banyak permasalahan kesehatan fisik dan mental dari pada mereka yang terhubung dengan orang lain sehari-harinya.

Langsung saja, berikut nih dampak negatif terlalu lama menjomblo. Jangan dibiarkan terlalu lama lagi yah mblo!

1. Menurunkan Rasa Percaya Diri

7 Dampak Negatif Terlalu Lama Menjomblo

Terlalu lama menjomblo akan menurunkan kepercayaan diri ketika kamu sedang bersama teman-temanmu dan hanya kamu yang tidak meiliki pasangan, kamu akan merasa minder. Hal itu bisa berdampak buruk bagi dirimu, kamu cenderung akan mengindar dari teman-temanmu.

2. Sulit Menerima Orang Baru

7 Dampak Negatif Terlalu Lama Menjomblo

Karena kamu sudah sangat terbiasa sendiri dan sudah lama sekali sejak kamu putus dari pacarmu. Kamu jadi kaku bahkan canggung jika berkenalan dengan sosok baru yang mencoba mengambil perhatianmu. Pada akhirnya, kamu malah akan menjauhinya karena tidak nyaman dengan kecanggunganmu sendiri.

3. Menurunkan Kekebalan Tubuh

7 Dampak Negatif Terlalu Lama Menjomblo

Walau kamu makan banyak makanan memiliki nutrisi serta vitamin C, tetapi bila kamu tak menyeimbanginya dengan bersosialisasi dengan orang di sekitar, mungkin kamu mempunyai system imun yang lemah. Ini lantaran badan tak keluarkan hormon endorfin atau dopamin hingga kamu tak bahagia.Ini akan melemahkan badan kamu dan mudah diserang serangan penyakit.

4. Merasa Cinta Bukan Hal Yang Penting.

7 Dampak Negatif Terlalu Lama Menjomblo

Kamu sudah lama sendiri dan pikiranmu tentang cinta juga akan berubah. Bagimu, yang penting adalah kamu menjalani hidupmu dengan baik dan bahagia. Kamu sibuk mencapai segala yang ingin kamu capai dalam hidup sampai lupa bahwa cinta itu juga penting.

5. Tidak Punya Tujuan Hidup

7 Dampak Negatif Terlalu Lama Menjomblo

Awalnya kamu ingin sukses untuk membahagiakan keluarga kamu, lalu ketika itu semua udah tercapai, apa lagi tujuan hidupmu? Kalau kamu punya pacar, setidaknya kamu punya tujuan ingin menikah, lalu ingin punya anak, dan membesarkan anak-anakmu sampai sukses.

6. Merasa Hidup Jadi Sia-sia

7 Dampak Negatif Terlalu Lama Menjomblo

Kalau kamu udah nggak punya tujuan hidup, kamu akan merasa semua usaha dan kerja kerasmu selama ini sia-sia. Kamu bisa stress sendiri dan akhirnya kamu memutuskan untuk mengakhiri hidupmu.

7. Bisa Menyebabkan Kematian

7 Dampak Negatif Terlalu Lama Menjomblo

Suatu riset tunjukkan bahwa resiko kematian disebabkan penyakit jantung dapat bertambah bila kamu hidup sendirian, serta resiko bakal bertambah bila kamu tak pernah menjalin hubungan dengan orang disekitar hingga kamu mera kesepian sendiri. Hal ini karena kamu tak punya teman untuk berbagi cerita.

Nah, kamu nggak mau kan hal-hal di atas terjadi? Mending kamu sesegera mungkin cari pacar deh. Coba mulai stalk beberapa media sosial teman kamu yang masih jomblo, siapa tau bisa dijadikan pacar. Atau kamu bisa hubungi mantan pacar atau mantan gebetanmu, siapa tau dia masih bisa memaafkanmu dan memperbaiki hubungan kalian.

To Top