in ,

Inilah 6 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh

Inilah 6 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh 1
Foto: pixabay.com

Saat sedang bersantai atau sedang tidur, Anda pasti kesal kalau ada nyamuk tiba-tiba menghampiri Anda. Dengan suaranya yang bikin risih dan gigitannya yang bikin gatal, tentu saja Anda akan merasa tidak nyaman.

Memang mudah saja membunuh nyamuk itu, Anda hanya perlu menggunakan obat atau semprotan anti-nyamuk untuk membunuhnya. Tapi obat atau semprotan ada efeknya juga buat Anda jika sampai kehirup, jadi kurang baik untuk kesehatan tubuh.

loading...

Lebih baik gunakan tanaman alami untuk mengusir nyamuk di rumah Anda. Cukup dengan menanam tanaman pengusir nyamuk ini di dalam pot, lalu menyimpannya dalam ruangan rumah Anda, maka nyamuk akan pergi sejauh mungkin

Tanaman-tanaman ini mengandung zat dan aroma yang sangat tidak disukai nyamuk. Meskipun demikian, aromanya enak dicium oleh manusia dan juga sangat aman karena aromanya alami.

Baca Juga: 4 Cara Agar Nyamuk Tidak Berani Mendekati Kita Lagi

1. Geranium

Inilah 6 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh 2
Foto: gilmour.com

Tanaman bunga yang lebih dikenal dengan nama tapak dara ini mengandung geraniol dan sitronelol. Dua kandungan tersebut sangat tidak disukai nyamuk karena baunya yang harum.

Untuk menggunakannya, Anda bisa menanam geranium dalam pot, kemudian menaruhnya di dalam ruangan.

2. Zodia

Inilah 6 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh 3
Foto: tamantanaman.com

Zodia merupakan tumbuhan yang masih tergolong dalam suku jeruk-jerukan. Daun tanaman ini mengandung zat rutaecarpin dan evodiamine yang tidak disukai oleh nyamuk dan serangga lainnya.

Daun tanaman ini biasa digunakan oleh orang Papua dengan cara digosokan ke kulit sebelum mereka pergi ke hutan untuk menghindari sengatan berbagai macam serangga.

3. Lavender

Inilah 6 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh 4
Foto: pixabay.com

Sudah tak diragukan lagi kalau lavender bisa mengusir nyamuk dengan cepat. Terbukti lavender sering dijadikan bahan dasar obat atau lotion anti nyamuk.

Wangi lavender memang sangat harum, tapi bagi nyamuk itu sangat beracun. Jadi sangat cocok bila Anda menanam lavender dalam pot, lalu menyimpannya di dalam ruangan rumah Anda.

Baca Juga: 5 Tanaman Buah yang Bisa Ditanam Dalam Pot, Berikut Caranya

4. Rosemary

Inilah 6 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh 5
Foto: pixabay.com

Bunga rosemary memiliki aroma seperti minyak kayu putih atau minyak telon. Wanginya tersebut dapat melindungi kulit dari gigitan nyamuk.

5. Citrosa Mosquito

Inilah 6 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh 6
Foto: arsitektur.me

Tanaman yang satu ini memiliki aroma lemon yang sangat kuat. Tak heran jika nyamuk tidak menyukai aroma tanaman ini.

Anda bisa menyimpan tanaman ini dalam pot di pojok ruangan, tapi pastikan tanaman ini terkena sinar matahari agar tetap hidup.

6. Selasih

Inilah 6 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh 7
Foto: herbaloke.net

Tanaman ini mengandung linalool, euigenol, san geraniol dengan bau khas yang tidak disukai nyaman. Dengan aroma khasnya tersebut, selasih dapat mengusir nyamuk dengan cepat.

Nah itulah beberapa tanaman pengusir nyamuk paling ampuh. Cukup menyimpannya dalam pot, lalu letakan di ruangan rumah Anda.

loading...