in ,

Ini Hewan yang Pertama Kali Mengajarkan Manusia Cara Menguburkan Jenazah

Ini Hewan yang Pertama Kali Mengajarkan Manusia Cara Menguburkan Jenazah 1

Umumnya, jenazah manusia yang sudah meninggal akan dikuburkan ke dalam tanah. Tapi tahu tidak siapa yang mengajarkan manusia cara menguburkan jenazah ke dalam tanah? Jawabannya adalah burung gagak.

Untuk mengetahui awal mulanya, kita harus sedikit mengetahui tentang kisah dua putra Nabi Adam, Qabil dan Habil. Seperti yang diceritakan dalam kita-kitab suci, Qabil telah membunuh saudaranya sendiri, Habil.

Qabil berniat membunuh Habil, tetapi dia masih bingung bagaimana cara membunuhnya. Kemudian iblis datang kepadanya dalam bentuk manusia dan memberitahu Qabil cara membunuh saudaranya.

Baca Juga: Kisah Semut Membawa Setetes Air Untuk Memadamkan Api Yang Membakar Nabi Ibrahim

Ketika waktunya tiba, Qabil pergi mendatangi Habil dan dia mendapatinya sedang tidur di bawah sebuah gunung. Kemudian Qabil mengambil batu dari tanah lalu memukulkannya kepada saudaranya sendiri. Habil pun tewas seketika.

Qabil pun jadi manusia pertama yang melakukan pembunuhan. Di saat bersamaan, Qabil bingung harus diapakan jenazah saudara kandungnya itu.

Tak punya cara lain, Qabil memasukan jenazah Habil ke dalam sebuah kantung, lalu ia membawanya ke berbagai tempat. Ketika itu, burung-burung berkeliling di sekitarnya menunggu Qabil meninggalkan jenazah saudaranya untuk dimakan.

Allah mengutus dua ekor gagak.

Ini Hewan yang Pertama Kali Mengajarkan Manusia Cara Menguburkan Jenazah 2

Kemudian ada dua ekor gagak datang kepada Qabil. Salah satu gagak itu membunuh gagak yang satunya lagi. Setelah membunuhnya, gagak tersebut menggali tanah dengan paruh dan cakarnya. Lalu memasukan gagak yang terbunuh ke dalam galian tersebut dan kembali menimbunnya dengan tanah.

Qabil pun meniru apa yang dilakukan burung gagak tersebut dan kemudian menguburkan jenazah saudaranya ke dalam tanah.

Kisah ini sudah diceritakan dalam Al-Quran surat Al-Maidah ayat 31:

“Kemudian Allah menyuruh seekor burung gagak menggali-gali di bumi untuk memperlihatkan kepadanya (Kabil) bagaimana dia seharusnya menguburkan mayit saudaranya. Berkata Kabil: “Aduhai celaka aku, mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini, lalu aku dapat menguburkan mayit saudaraku ini?” Karena itu jadilah dia seorang di antara orang-orang yang menyesal.” (QS: Al-Maidah: 31).

Loading...
Loading...