Pengetahuan

Ini Bahaya Penyakit Sering Menahan Kencing

Ini Bahaya Penyakit Sering Menahan Kencing

Bagi sebagian orang pasti pernah menahan kencing, entah karena faktor kondisi yang tidak memungkinkan seperti dalam perjalanan atau menahannya hanya sekedar malas melakukannya.

Sesekali menahan kencing mungkin tidak akan menimbulkan masalah, tetapi ada beberapa efek yang tidak diinginkan jika menjadi kebiasaan. Berikut beberapa penyakit yang bisa kamu alami jika sering menahan kencing.

1. Infeksi saluran kemih

Jika kamu mengalami ini kamu akan merasakan rasa tak nyaman sepanjang waktu. Panggul dan perut akan terasa sakit sepanjang waktu, membuatmu merasa ingin kencing sepanjang waktu, bahkan ketika kamu sebenarnya tidak ingin kencing.

Menahan kencing memungkinkan bakteri berkembang biak di kandung kemih dan berujung pada infeksi saluran kemih.

2. Peregangan kandungan kemih

Meski terdengar seperti hal yang positif, kandung kemih justru merupakan sesuatu yang berbahaya. Coba bayangkan tentang balon yang diisi air.

Semakin banyak cairan yang masuk ke dalamnya, semakin besar pula kandung kemih. Namun ini juga berarti semakin lemah dinding kandung kemih. Padahal kandung kemih yang meregang tidak dapat menyusut kembali.

3. Kandung kemih pecah

Meski jarang terjadi, menahan kencing dapat menyebabkan pecahnya kandung kemih. Ketika seseorang menahan kencingnya begitu lama sehingga ketika tiba saatnya untuk mengeluarkan urin, mereka tidak dapat melakukannya. Ini bisa menyebabkan kandung kemih pecah.

Pecahnya kandung kemih adalah kondisi darurat yang membutuhkan perhatian medis segera. Kandung kemih yang pecah adalah kondisi yang mengancam jiwa.

4. Batu ginjal

Batu ginjal terjadi bila kamu terbiasa menahan kencing ditambah dengan sedikit minum air. Gejalanya biasa pegal di punggung bawah, mual, darah dalam urin, dan saat kencing kamu merasakan sakit yang teramat sangat.

Sebagian besar batu atau kerikil yang berkembang di dalam ginjal dapat keluar saat buang air kecil, apabila ukurannya cukup besar harus memerlukan tindakan operasi untuk melakukannya.

5. Katup sfingter yang rusak

Sfingter berfungsi memungkinkan urin keluar dari tubuh. Jika kamu menahan kencing terlalu lama, itu bisa memberi tekanan pada kandung kemih berujung pada kerusakan sfingter. Jika kamu menahannya terlalu lama, saat tiba waktunya kencing, tubuh tak dapat mengeluarkan semua urin.

Sfingter tak terbuka penuh saat kamu benar-benar memutuskan untuk buang air kecil. Sehingga kandung kemih tak sepenuhnya kosong oleh urin, kemudian urin yang tertinggal dapat menyebabkan infeksi.

Maka dari itu penting untuk menghindari kebiasaan menahan kencing, supaya terhindar dari penyakit-penyakit tersebut.

To Top