in ,

Ini Alasan Ayam Jantan Tidak Pernah Kesiangan Berkokok Di Pagi Hari

Ini Alasan Ayam Jantan Tidak Pernah Kesiangan Berkokok Di Pagi Hari 1
Foto: ayobandung.com

Berbicara soal bangun pagi, manusia kadang kalah sama ayam jantan. Kita sering banget bangun kesiangan, melewatkan sholat subuh dan segarnya udara di pagi hari. Tapi lihat ayam jantan, hewan yang satu ini tidak pernah kesiangan berkokok di pagi hari.

Lalu pernah tidak bertanya-tanya kenapa ayam jantan tidak pernah kesiangan? Mungkin saja ayamnya jarang begadang, punya alarm pribadi di otaknya atau bisa saja itu sudah naluri hewan.

Salah satu jawaban tersebut bisa saja benar, tapi ada jawaban yang lebih akurat karena sudah dibuktikan oleh penelitian. Penasaran? Yuk simak artikel ini sampai tuntas.

Baca Juga: Ciri-Ciri Ayam Formalin, Ayam Suntik dan Tiren

Ayam jantan memiliki jam alarm alamiah

Ini Alasan Ayam Jantan Tidak Pernah Kesiangan Berkokok Di Pagi Hari 2
Foto: grid.id

Menurut sebuah penelitian yang dilansir dari situs earthsky.org, ayam jantan memiliki jam alarm alamiah yang membuatnya selalu bangun mendahului matahari terbit.

Sama halnya dengan burung, ayam jantan memiliki siklus harian yang disebut ritme sirkadian, ritme biologis pada hewan yang mengikuti siklus siang dan malam.

Baca Juga: 5 Kesalahan Fatal Saat Masak Ayam yang Sering Dilakukan

Maksudnya ketika salah satu ayam jantan berkokok lebih awal dibandingkan ayam jantan lainnya, maka suaranya itu mampu merangsang ayam jantan lain untuk ikut berkokok juga.

Oleh karena itu jam alarm alamiah yang dimiliki ayam jantan membuatnya tidak pernah kesiangan untuk berkokok menjelang matahari terbit.

Buat kalian yang suka kesiangan bangun, sebaiknya malu deh sama ayam, masa kamu manusia yang diberikan akal sehat kalah sama ayam.

Loading...