Pengetahuan

Ikigai, Rahasia Hidup Bahagia dan Lebih Bermakna

Ikigai, Rahasia Hidup Lebih Bermakna

Pernahkah kamu merasakan kejenuhan atas rutinitasmu yang monoton beberapa tahun terakhir ini ? Bangun tidur, berangkat kerja, pulang kerja, lalu tidur lagi.

Rutinitas yang selalu sama pada akhirnya membuatmu berpikir kembali sudahkah kamu merasa semakin dekat dengan tujuan hidupmu ? Atau bisakah merasakan kebahagiaan dengan melakukan rutinitas ini setiap harinya ?

Ya, pasti ada momen di hidupmu dimana kamu menanyakan kepada diri sendiri, sudahkah hidupmu bermakna ?
Lalu apakah Ikigai itu ? Dan apa hubungannya dengan memaknai hidup ?

Ikigai adalah suatu konsep kehidupan yang berasal dari Jepang. Ikigai berasal dari kata “iki” yang artinya hidup, dan “kai” yang berarti realisasi dari setiap mimpi atau harapan.

Dengan kata lain, konsep tersebut memiliki arti menemukan tujuan hidup. Sederhananya, orang yang tahu betu tujuan hidupnya tentu lebih termotivasi setiap harinya untuk bangun pagi dan melakukan serangkaian aktivitas.

Ikigai sendiri terdiri dari 4 aspek yang saling beririsan. Diantaranya apa yang kamu sukai, apa yang kamu kuasai, apakah yang kamu lakukan bermanfaat bagi orang banyak, dan apakah imbalan dari apa yang telah kamu lakukan. Supaya lebih mudah pemahamannya mari perhatikan diagram berikut ini.

Ikigai, Rahasia Hidup Bahagia dan Lebih Bermakna

Foto : rencanamu.id

Baca Juga: Wanita yang Baik Itu Ketika Melihatnya Hati Akan Terasa Bahagia

1. Passion

Sudahkah kamu mengetahui bidang apa yang kamu sukai ? Jika kamu menyukai suatu bidang (warna kuning), dan bidang yang kamu sukai tersebut merupakan bidang yang kamu kuasai (warna merah) maka irisan yang terbentuk dinamakan dengan Passion.

2. Mission

Sementara jika kamu menyukai suatu bidang (warna kuning) yang memberikan manfaat bagi banyak orang (warna hijau) maka irisan tersebut dinamakan dengan Mission.

Sebagai contoh kamu sangat menyukai bidang musik, karena kamu ingin musikmu menghibur banyak orang kemudian kamu berusaha menciptakan lagu yang akan disukai oleh mereka.

3. Vocation

Vocation adalah irisan yang tercipta bila kondisinya kamu melakukan hal yang disukai atau bermanfaat bagi banyak orang (warna hijau) dan memperolah imbalan atau bayaran dalam hal tersebut (warna biru).

4. Profession

Ketika kamu mendapat imbalan atau upah (warna biru) dari apa yang kamu kuasai (warna merah) irisan tersebut disebut dengan Profession.

Sebagai contoh kamu adalah seorang IT Developer di suatu perusahaan yang berhasil memuaskan beberapa klien, kemudian perusahaan memberikan gaji bahkan bonus untukmu.

5. Ikigai

Lalu irisan yang beririsan antara Passion, Mission, Vocation, dan Profession inilah yang disebut Ikigai. Jika kamu hanya memiliki Passion dan Mission, kamu merasa senang akan tetapi kamu akan merasa kurang sejahtera.

Sementara jika apa yang kamu kerjakan hanya mencakup Passion dan Profession, apa yang kamu lakukan belum cukup bermakna.

Dan yang terparah jika bidang pekerjaan yang kamu tekuni selama ini hanya mencakup Vocation dan Profession maka kamu tetap merasakan kekosongan karena tidak menyukai apa yang kamu lakukan.

Untuk mencapai keseimbangan dari keempat aspek tersebut tentulah tak mudah. Perlu usaha ekstra, dan terkadang kamu akan menemukan beberapa kendala sebelum mencapainya.

Jika kamu sudah mencapai Ikigai, perlahan hidupmu akan menjadi penuh makna dan berbahagia. Tentunya Ikigai bukan hanya sembarang konsep, tetapi sudah banyak penelitian yang mengkaji tentangnya dan banyak orang telah merasakan manfaatnya. Semoga kamu menjadi salah satu yang bisa mewujudkan Ikigai dan merasakan manfaatnya juga ya.

To Top