Pengetahuan

Hati-hati, 6 Bagian Tubuh pada Anak yang Tidak Boleh Kena Pukulan

Hati-hati, 6 Bagian Tubuh pada Anak yang Tidak Boleh Kena Pukulan

Memukul anak yang nakal memang menjadi salah satu cara untuk mendisiplinkan anak. Biasanya anak menjadi takut setelah dipukul. Memukul anak juga bisa menjadi hukuman yang membuat anak tidak mengulangi kesalahannya lagi. Tapi tahukan kamu jika kita tidak boleh sembarangan memukul anak?

Memang, menggunakan tangan untuk menghukum anak itu tidak sepenuhnya salah, tapi kamu juga harus tahu bagian mana saja yang tidak boleh sembarangan dipukul.

1. Pelipis

Hati-hati jika kamu kerap memukul bagian pelipis pada anak. Bagian ini ternyata sangat rawan retak dan pecah. Bagian pelipis juga tidak boleh kamu pukul sembarangan karena dekat dengan syaraf penglihatan sehingga bisa menyebabkan kebutaan pada anak.

2. Kepala

Kepala menyimpan berbagai organ penting, misalnya saja otak. Otak memiliki fungsi mengontrol semua kinerja tubuh. Saat kamu memukul anak dengan sangat keras di bagian kepala, hal ini akan berisiko merusak bagian otak. Otak yang terkejut akan membuat anak kejang sampai tidak sadarkan diri.

Baca Juga: 5 Kesalahan Orang Tua yang Membuat Anak Sulit Diatur

3. Hidung

Mungkin orang tua jarang memukul bagian hidung anak. Tapi mencubit bagian hidung merupakan hal yang biasa dilakukan. Dalam hidung terdapat banyak pembuluh darah. Selain itu, hidung memiliki membran mukosa yang tipis sehingga saat hidung dicubit, pembuluh dan membran akan rusak dan menyebabkan kebiruan pada hidung anak.

4. Telinga

Sama seperti hidung, bagian telinga juga sangat jarang terkena pukulan. Biasanya telinga mendapat jeweran yang menjadi sebuah kebiasaan saat menghukum anak. Sekarang, kamu harus berhati-hati jika ingin menjewer telinga anak. Hal ini dikarenakan gendang telinga anak bisa rusak saat dijewer dan bisa menyebabkan gangguan pendengaran.

5. Tulang punggung

Banyak syaraf yang terhubung ke tulang punggung. Hal ini dikarenakan tulang punggung menjadi tempat sumsum tulang belakang. Jadi, jika bagian tulang punggung rusak karena pukulan, bukan hal yang tidak mungkin jika organ tubuh lain juga akan terganggu.

6. Bokong

Bokong juga menjadi salah satu bagian tubuh anak yang sering mendapat pukulan. Pada bagian bokong, terdapat sebuah syaraf terpanjang yang disebut sciatic. Jika kamu memukul bagian bokong dengan cukup keras, syaraf tersebut berisiko mengalami kerusakan. Kerusakan pada syaraf ini bisa mengakibatkan kesemutan, rasa terbakar, sampai tidak bisa berjalan.

Nah, itu dia beberapa bagian tubuh anak yang tidak boleh dipukul. Meski tidak salah, memukul anak bukan satu-satunya cara untuk mendisiplinkan anak. Kamu bisa menasihati anak dengan lembut. Hal ini dimasudkan agar ia juga menjadi pribadi yang lembut dan tidak mudah bermain tangan.

To Top