in

Fakta-Fakta Gempa Bumi Jawa

Fakta-Fakta Gempa Bumi Jawa
Ilustrasi

Gempa bumi mengguncang sejumlah daerah di Jawa, menurut laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Gempa tersebut menimbulkan kerusakan bangunan dan kepanikan.

Bencana gempa ini terjadi sekitar pukul 23:00 WIB, Jumat (15/12/2017), yang berpusat di koordinat episenter pada 7,75 LS dan 108,11 BT, tepatnya berlokasi di darat pada kedalaman 120 km, menurut data CNN.

Dikutip Wow Menariknya dari berbagai sumber, berikut fakta-fakta gempa bumi yang melanda wilayah Jawa yang harus Anda ketahui.

1. Berpotensi tsunami

Fakta-Fakta Gempa Bumi Jawa
Foto: cnn.com

Pusat gempa diketahui berada di darat atau pantai. Beberapa menit setelah gempa terjadi, BMKG mengeluarkan peringatan potensi tsunami. Namun pada pukul 02:30 WIB (16/12/2017), peringatan dini tsunami kini sudah dinyatakan berakhir. Informasi ini disebarkan melalui akun Twitter @InfoHumasBMKG.

2. Gempa mencakup wilayah yang luas

Fakta-Fakta Gempa Bumi Jawa
Foto: kompas.com

Gempa bumi kali ini dilaporkan mencakup wilayah luas yang melanda Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan bahkan Jakarta.

Baca juga: 5 Negara Ini Akan Lenyap Jika Diguncang Gempa Bumi Besar

Menurut akun resmi BMKG, gempa berkekuatan 7,3 SR mengguncang Tasikmalaya. Gempa berkekuatan 4,5 SR juga dirasakan di Sukabumi dan sejumlah daerah lainnya, seperti Jakarta, Bandung, Bekasi dan Bogor.

3. Menimbulkan kerusakan dan korban jiwa

Fakta-Fakta Gempa Bumi Jawa
Foto: sekolahpendidikan.com

Dikutip dari CNN, berdasarkan data sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), tercatat ada 10 rumah warga di wilayah Jawa Barat yang mengalami kerusakan. Satu orang dilaporkan meninggal dunia, dan tiga orang mengalami luka-luka.

Kepala Pusat Data Informasi dan Human BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, menyampaikan informasi dalam keterangan tertulis, bahwa di Desa Gunungsari, Kecamatan Sadanaya, Kabupaten Ciamis, terdapat beberapa rumah warga yang ambruk. Satu orang dilaporkan meninggal dunia, yaitu Hj. Dede Lutfi, berusia 62 tahun.

4. Menimbulkan kepanikan

Fakta-Fakta Gempa Bumi Jawa
Foto: liputan6.com

Warga di Yogyakarta, Cilacap, dan Tasikmalaya berhamburan keluar rumah setelah gempa terjadi. Pasalnya guncangan gempa di tiga wilayah ini disinyalir sangat kuat. Warga takut akan terjadi gempa susulan sehingga mereka terpaksa keluar rumah di tengah malam hari.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sejauh ini Tasikmalaya adalah daerah yang paling parah terkena gempa dengan kekuatan 7,3 SR.