in ,

Ciri-Ciri Ayam Formalin, Ayam Suntik dan Tiren

Ciri-ciri ayam formalin, suntik dan tiren
Foto: korantangerang.com

Hampir semua orang suka daging ayam. Biasanya daging ayam dibeli di warung atau pasar, tapi apakah Anda yakin daging ayam yang dibeli aman? Maksudnya bukan yang berformalin atau yang disuntik?

Pasti banyak yang tidak tahu bagaimana cara membedakan ayam yang higenis dan ayam formalin atau disuntik. Bukan bermaksud curiga, tapi setidaknya kita harus tahu agar bisa teliti. Namanya juga manusia, demi meraup keuntungan yang besar kadang nekat melakukan sesuatu yang berbahaya.

Jika ingin tahu ciri-ciri ayam formalin, ayam suntik dan ayam tiren, simak ulasannya berikut ini yang dikutip Wow Menariknya dari Instagram Kementerian Pertanian RI.

Baca Juga: Ini Bahaya Memanaskan Kembali Sayur Bayam

1. Ayam formalin

Ayam formalin
Foto: resepmasakanpraktis.net

Ayam berformalin adalah daging ayam yang diberikan formalin melalui suntikan atau pencelupan ke dalam larutan formalin agar awetnya lama.

Ciri-ciri ayam berformalin: Jika dicubit bagian kulitnya, maka kulitnya tidak akan kembali ke semula dan kulitnya terlihat kaku.

2. Ayam suntik

Ayam suntik
Foto: pertanian.go.id

Ayam suntik adalah ayam yang diberikan air melalui suntikan untuk menambah berat daging sehingga nantinya bisa dijual dengan harga yang lebih mahal.

Baca Juga: 5 Kesalahan Fatal Saat Masak Ayam yang Sering Dilakukan

Ciri-ciri ayam suntik: Tidak ada lipatan antara paha dan dada karena kulit dan daging ayamnya terisi air.

3. Ayam tiren

Ayam tiren
Foto: hariansilampari.com

Ayam tiren adalah ayam yang telah mati kemarin atau ayam bangkai. Ayam tiren biasanya dijual dengan harga yang murah.

Ciri-ciri ayam tiren: Pembuluh darah berwarna merah biru akibat pembekuan darah, pembuluh darah pada pangkal sayap berwarna merah biru karena berisi darah beku dan terdapat warna kemerahan pada daging seperti memar.

Loading...
Loading...