in ,

Cerita Dalam Film Kadang Gak Jauh Beda dengan Kehidupan Nyata

Foto: Columbia Pictures

Kamu pernah nonton film bertemakan pembunuhan, hacker, penyelundupan narkoba, agen-agen rahasia atau masalah politik di dalam suatu negara? Jika pernah, mungkin kamu mengira kalau cerita dalam film tersebut hanya mengada-ngada dan tidak mungkin terjadi di kehidupan nyata.

Fakta sebenarnya, apa yang diceritakan dalam film kadang gak jauh berbeda dengan di dunia nyata. Walau hanya rekayasa, sebenarnya film tersebut mencoba memberitahu kita tentang sesuatu yang tidak pernah kita ketahui.

Contohnya saja film yang menceritakan tentang agen-agen rahasia seperti CIA atau M16. Dalam film bertemakan seperti itu, biasanya para agen federal akan menggunakan kemampuan khususnya dalam memecahkan suatu kasus.

loading...

Kita melihat bagaimana para agen itu melakukan tindakan kotor demi memecahkan masalah yang mereka hadapi. Lalu meninggalkan jejaknya tersebut seolah bukan mereka yang melakukan.

Cerita dalam film tak beda jauh dengan kehidupan nyata
Foto: duaniaku

Salah satunya film Mission Imposible. Dalam film ini kita bisa melihat kemampuan spesial yang dimiliki oleh agen Ethan Hunt yang diperankan oleh Tom Cruise untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Dia mampu melakukan semua trik mulai dari cara menyelundup, mencuri, melacak target, seni bela diri hingga cara membunuh.

Kita mengira kalau trik seperti itu hanya digunakan oleh agen dalam film saja. Tapi sebenarnya, cara yang mereka gunakan dalam film tidak jauh berbeda dengan cara yang digunakan oleh agen sungguhan.

Atau dalam film tentang kejahatan yang dilakukan oleh pejabat tinggi di suatu negara. Film seperti ini memang sulit sekali ditebak dan pelaku kejahatannya biasanya terungkap di akhir cerita film.

Cerita dalam film tak beda jauh dengan kehidupan nyata
Foto: tribun

Jika kamu pernah nonton film seperti itu, kamu pasti tahu bagaimana tipu muslihat yang dilakukan para pejabat tinggi untuk mengelabui hukum atas tindakan kejahatan yang sudah dilakukannya, seperti korupsi, kerja sama dengan bandar narkoba atau pembunuhan.

Pada awal film, mereka seolah orang yang suci alias tidak bersalah. Hanya bawah-bawahannya saja yang dicurigai sebagai penjahat. Lalu seiring berjalannya cerita film, satu per satu bukti mulai mengarah kepada pelaku. Hingga akhirnya pelaku kejahatan yang sebenarnya bisa teridentifikasi setelah melalui sekian banyak tahap yang rumit.

Begitupun di kehidupan nyata, para penegak hukum juga melakukan hal yang sama untuk membongkar kedok para pejabat yang melakukan kejahatan di balik layar. Banyak proses rumit yang harus mereka lewati. Belum lagi mereka harus mendapat serangan dari pelaku. Setidaknya butuh waktu bertahun-tahun untuk mengumpulkan bukti yang otentik.

Kemudian film selanjutnya bercerita tentang penyelundupan narkoba. Dalam film dengan tema seperti ini, biasanya akan bercerita tentang beberapa penegak hukum yang berusaha menguak kasus penyelundupan narkoba.

Cerita dalam film tak beda jauh dengan kehidupan nyata
Foto: joe.ie

Aksi menyamar pun dilakukan polisi agar bisa masuk ke dalam gembong narkoba. Berbagai macam rintangan harus dilalui untuk memecahkan teka-teki tentang siapa biang keladi di balik semua ini. Kadang kala harus terjadi baku tembak dengan gembong narkoba.

Di dunia nyata pun, polisi yang berusaha menyingkap kedok gembong narkoba harus melalui kisah seperti yang diceritakan dalam film.

Selain itu, pernah tidak nonton film tentang kehidupan dalam penjara?

Cerita dalam film tak beda jauh dengan kehidupan nyata
Foto: vebma

Dalam film ini biasanya menceritakan bagaimana kerasanya kehidupan di dalam penjara. Mulai dari perkelahian, pembunuhan, sodomi, hingga kasus suap yang dilakukan oleh para petugas dengan tahanan.

Semua yang diceritakan dalam film ini, gak akan beda jauh dengan kehidupan di penjara sungguhan. Aksi suap, perkelahian, pembunuhan diam-diam hingga pemerasan pasti terjadi. Hanya saja tidak banyak yang mengetahuinya karena tertutup.

Jika kamu penggemar film hacker, kamu mungkin mengira kalau kemampuan para hacker dalam film tersebut hanyalah rekayasa.

Cerita dalam film tak beda jauh dengan kehidupan nyata
Foto: youtube

Hal itu tidak sepenuhnya benar. Trik dan tata cara yang dilakukan para hacker untuk meretas suatu sistem, tidak akan beda jauh dengan cara yang dilakukan para hacker di dunia nyata.

Selain film-film di atas, masih banyak film lainnya yang jika diamati seolah mencoba memberitahu kita bagaimana rumitnya permasalahan dalam kehidupan ini. Kita bisa belajar banyak tentang kehidupan dari sekedar nonton film.

loading...
Loading...
Loading...