in , ,

Bukan Ada yang Ngomongin, Ini Penyebab Telinga Mendadak Berdengung

Bukan Ada yang Ngomongin, Ini Penyebab Telinga Mendadak Berdengung
Foto: telingaberdenging.net

Pernahkah Anda mengalami telinga mendadak berdengung tanpa alasan yang jelas? Menurut kepercayaan masyarakat, kalau telinga berdengung itu berarti ada orang yang sedang ngomongin Anda.

Tentu saja bukan itu penyebabnya, ada alasan ilmiah yang menyebabkan telinga berdengung. Kondisi ini sering disebut dengan istilah tinnitus atau adanya bunyi dengung di telinga. Kondisi ini biasanya lebih sering terasa di malam hari karena tidak ada lagi suara bisik.

Dikutip dari Alodokter, ada beberapa penyebab kuping berdengung. Yang jelas bukan karena ada yang sedang ngomongin Anda.

1. Paparan lama terhadap suara kencang

Sekitar 90 persen kasus telinga berdengung memiliki gangguan pendengaran dengan varian yang berbeda. Hal ini disebabkan karena paparan suara kencang dalam waktu lama yang menyebabkan kerusakan pada sel kolkea telinga dalam. Seperti mendengar suara musik yang keras atau mendengar suara dengan volume keras lainnya.

2. Adanya penyumbatan

Penyumbatan dan infeksi dalam telinga bisa saja jadi penyebab suara berdengung dalam kuping. Kondisi ini biasanya mereda dengan sendirinya, tapi juga bisa terus berlanjut.

Baca Juga: Tahu Tidak, Ada Lubang Kecil di Bawah Kelopak Mata Anda?

3. Memiliki gangguan kesehatan

Telinga berdengung sering dikaitkan dengan gejala gangguan kesehatan seperti penyakit kardiovaskular, tekanan darah tinggi atau anemia.

4. Menkgkonsumsi beberapa jenis obat

Jika Anda mengkonsumsi obat antibiotik, obat bius, aspirin, hingga antidepresan, jangan heran bila kuping suka mendadak berdengung.

Telinga berdengung dapat semakin memburuk bila penderitanya mengalami depresi berat, minum minuman keras, merokok dan sering meminum minuman berkafein tinggi.