in ,

Begini Cara Agar Selamat dari Lift yang Terjatuh

Begini Cara Menyelamatkan Diri dari Lift yang Terjatuh
Ilustrasi (Foto: YouTube/Lonely Planet)

Bahaya bisa mengancam nyawa kapan saja dan di mana pun Anda berada. Termasuk saat berada di dalam lift, meskipun Anda merasa nyaman saat menaiki lift, tapi sewaktu-waktu lift bisa saja terjatuh atau hilang kendali saat Anda sedang berada di dalamnya.

Memang sulit untuk menghindari dampak dari lift terjatuh, kebanyakan korban yang terjebak di dalamnya kemungkinan besar akan meninggal tergantung dari mana posisi lift tersebut jatuh. Bila semakin tinggi posisi lift tersebut, maka dampaknya semakin besar.

Ada beberapa upaya yang harus dilakukan untuk menyelamatkan diri bila seandainya terjebak dalam lift yang terjatuh. Simak ulasannya berikut ini yang dikutip Wow Menariknya dari Brightside.

1. Jangan melompat sebelum terjadi benturan

Banyak orang berpikir kalau melompat sesaat sebelum lift jatuh ke dasar adalah hal yang efektif untuk menyelamatkan diri. Tapi justru hal itu tidak dianjurkan dan malah bisa membuat Anda terluka semakin parah lagi.

2. Jangan berdiri tegak

Anda juga jangan berdiri tegak lurus saat terjadi benturan. Pasalnya kaki Anda akan menanggung beban dari benturan ditambah berat badan Anda. Akibatnya Anda bisa mengalami luka yang serius.

Baca juga: Begini Cara Agar Selamat Dari Serangan Nuklir

3. Berbaring terletang di atas lantai lift

Begitu lift terjatuh, posisi terbaik yang kemungkinan besar bisa menyelamatkan Anda adalah dengan membaringkan tubuh Anda secara terlentang di atas lantai lift. Dengan begini dampaknya akan menyebar di seluruh bagian tubuh. Tapi perlu diingat, lindungi bagian kepala dengan tangan atau benda yang sekiranya bisa melindungi kepala dari benturan.

4. Jika banyak orang dalam lift, duduklah

Dalam situasi ini, hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah duduk di lantai lift. Posisi duduk dianggap bisa mengurangi beban pada kerangka saat terjadi benturan.

Untuk ilustrasi lebih jelasnya, Anda bisa lihat dalam video di bawah ini yang diposting ke akun YouTube Lonely Planet:

Loading...
Loading...