Pengetahuan

Bahaya, Ini yang Akan Terjadi Jika Mencampurkan Susu dan Buah-Buahan

Bahaya, Ini yang Akan Terjadi Jika Mencampurkan Susu dan Buah-Buahan

Buah menjadi sumber vitamin, air hingga serat yang sangat dibutuhkan tubuh. Buah biasanya dikonsumsi secara langsung, dibuat manisan atau dibuat jus dengan campuran gula, madu atau susu.

Rasa manis sekaligus asam dalam buah memang menyegarkan, belum lagi kekayaan buah tropis yang melimpah di Indonesia menjadikan buah sumber vitamin yang murah sekaligus mudah didapat.

Namun tahu tidak kalau buah tidak baik jika dikonsumsi bersamaan dengan susu. Kok bisa begitu, kan sama-sama sehat, apa alasannya?

Baca Juga: Perbedaan Manfaat Minum Susu di Pagi Hari, Sore dan Malam

Makanan dibagi menjadi lima kelompok berdasarkan kandungan gizinya, yaitu protein, lemak, karbohidrat, gula dan asam. Sebagian besar buah-buahan mengandung asam, sedangkan susu kaya akan protein.

Jika dikonsumsi secara bersamaan, buah-buahan dan susu akan sulit dicerna karena asam akan mengikat protein. Buah-buahan sebaiknya dikonsumsi sendiri tanpa harus dicampur atau dengan susu atau makanan lainnya.

Buah memiliki kandungan asam yang cukup tinggi sehingga dapat menyebabkan fermentasi pada dinding lambung. Jika terus dibiarkan, lambung bisa sakit dan pada akhirnya bisa menyebabkan mual-mual.

To Top