Pengetahuan

7 Faktor yang Menyebabkan Uban Di Usia Muda

7 Faktor yang Menyebabkan Uban Di Usia Muda

Uban merupakan proses dimana rambut manusia berubah warna menjadi putih. Umumnya uban baru muncul di usia senja. Setidaknya rambut putih seperti ini baru tumbuh di atas usia 30. Biasanya, uban diawali hanya beberapa lembar saja serta ditandai dengan warna rambut memerah pada rambut hitam.

Namun ada kalanya uban sudah terlihat di kepala saat usia duapuluhan. Bahkan ada yang sudah bermasalah dengan uban sejak usia belasan tahun. Uban bisa terbentuk karena folikel yang menjadi tempa tumbuhnya rambut memiliki sekumpulan sel yang di sebut melanosit.

Sel ini yang memberikan warna hitam pada rambut. Semakin menambahnya usia sel ini semakin berkurang. Nah bisa jadi jika pada usia muda sudah memiliki uban sel melanosit sudah mulai berkurang. Hal itu bisa terjadi oleh beberapa hal, Berikut penjelasannya.

1. Stres

Rambut uban di usia muda juga dipengaruhi oleh tekanan yang berasal dari sekeliling Anda. Mengingat setiap orang memiliki toleransi stres yang berbeda-beda, maka hal ini bisa mempengaruhi tubuh, dan salah satunya dengan munculnya uban.

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman yang Ampuh Menghilangkan Stres

Mulai dari lingkungan kerja, kehidupan sosial, hingga kehidupan pribadi di rumah. Stres akan membuat kesehatan tubuh tidak stabil bahkan menurun. Faktor ini menjadi penyebab tumbuh uban di usia muda lebih cepat terjadi.

2. Faktor Keturunan

Uban juga kerap tumbuh karena fator genetika. Jika orang tua merupakan tipe yang memliki banyak uban sejak usia muda, maka kemungkinan besar kamu juga akan mengalaminya.

Setiap ras memiliki perbedaan genetik bawaan yang berbeda-beda. Hal ini tentunya berpengaruh juga pada pertumbuhan uban rambut. Secara umum, orang kulit putih akan lebih cepat mengalami rambut beruban, yaitu pada usia 20 tahun. Lain halnya dengan ras kulit hitam yang baru akan muncul uban pada usia 30 tahun.

3. Kekurangan Vitamin B-12

Vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh memang sangat penting untuk menunjang semua aktivitas organ tubuh. Saat vitamin tidak terpenuhi dengan baik, maka dapat memengaruhi keseimbangan warna pada rambut menjadi tidak stabil. Akibatnya, rambut akan lebih cepat beruban sebelum waktunya.

Kekurangan vitamin B-12 juga bisa mempengaruhi timbulnya uban. Vitamin B-12 berperan dalam memberi energi sekaligus meningkatkan pertumbuhan rambut agar sehat dan kuat.

4. Kelainan Autoimun

Kelainan autoimun juga bisa menyebabkan uban tumbuh di usia muda. Penyakit yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh ini bisa menyerang sel-sel tubuh. Hal ini serupa dengan vitiligo, alopecia. Dan bisa mempengaruhi uban akibat hilangnya pigmen pada rambut yang membuat warnanya jadi berubah.

Baca Juga: 10 Buah yang Mengandung Banyak Vitamin C

5. Pola Hidup 

Seringnya menerapkan gaya hidup yang salah bisa menjadi penyebab tumbuh uban di usia muda, seperti minimnya olahraga, pola makan tidak teratur, waktur tidur terbatas, kebiasaan merokok, mengonsumsi alkohol, dan lain sebagainya. Pola hidup seperti inilah yang bisa memicu uban lebih cepat muncul.

6. Penggunaan Bahan Kimia Yang Berlebihan

Seringnya terpapar bahan kimia secara berlebihan juga menjadi penyebab tumbuh uban di usia muda. Mulai dari proses pewarnaan, pelurusan, hingga pengeritingan rambut, bahan kimia tidak hanya membuat rambut rapuh namun sel-sel pertumbuhan juga menjadi tidak stabil.

7. Faktor Lingkungan

Sedangkan agresi lingkungan seperti efek radikal bebas juga bisa menimbulkan tumbuhnya uban di usia dini. Salah satu yang nyata adalah rokok. Selain buruk bagi kesehatan tubuh, rokok juga mempengaruhi kondisi rambut. Oleh sebab itu, rokok bisa menyebabkan tersumbatnya aliran darah ke folikel rambut sehingga menyebabkan kerontokan dan uban.

To Top