in ,

5 Kosakata Bahasa Indonesia Ini Ternyata Berasal Dari Bahasa Belanda

5 Kosakata Bahasa Indonesia Ini Ternyata Berasal Dari Bahasa Belanda

Tidak semua bahasa Indonesia yang kita gunakan murni berasal dari Indonesia. Ada beberapa bahasa yang ternyata berasal dari bahasa serapan Negara lain.

Karena Indonesia pernah dijajah oleh negara lain, maka tidak menutup kemungkinan ada beberapa bahasa penjajah yang masih digunakan sampai saat ini dan dianggap sebagai bahasa Indonesia.

Kedatangan para penjajah dari negara lain ke Indonesia memang membawa banyak pengaruh, salah satunya pada bahasa yang kita gunakan sekarang.

Banyak sekali kosakata bahasa yang ternyata bukan murni bahasa Indonesia, melainkan bahasa serapan dari negara jajahan yaitu negara Belanda. Berikut 5 kosakata bahasa Indonesia yang berasal dari serapan bahasa Belanda.

1. Bakkeleien (Berkelahi)

Bakkeleien dalam bahasa Belanda memiliki arti perkelahian atau bertengkar. Dalam bahasa Belanda Bakkeleien adalah berkelahi hanya dari segi perkataan saja tanpa ada kontak fisik. Berbeda dengan berkelahi di Indonesia bukan hanya perkataan namun ada kontak fisik.

Baca Juga: Ini Dia Pria Belanda yang Menyebabkan Indonesia Dijajah Ratusan Tahun

2. Branie (Berani)

Branie memiliki arti kesombongan, kata ini bisa digunakan sebagai tantangan untuk melakukan sesuatu. Berawal dari jam penjajahan dulu, pasukan tentara koninklijk Nederlansch-indische Leger (KNIL) atau tentara kerajaan Hindia Belanda dari ambon memiliki slogan “branie mati”. Dan sampai saat ini kata berani digunakan sebagai bahasa Indonesia.

3. Kroepoek (Kerupuk)

Kroepoek atau kerupuk memiliki ati makanan yang memiliki tekstrur renyah biasa digunakan sebagai teman nasi. Kata ini diambil dari bahasa Belanda yang merupakan kata tiruan bunyi.

4. Tactiek (Taktik)

Kata taktik dalam bahasa Indonesia ternyata berasal dari kata serapan bahasa Belanda Tactiek. Taktik memiliki arti rencana atau tindakan yang teratur untuk mencapai tujuan. Taktik juga biasa disebut siasat atau pelaksanaan strategi.

5. Komfoor (Kompor)

Kompor berasal dari bahasa Belanda yaitu komfoor yang artinya perapian untuk memasak yang menggunakan minyak tanah, gas atau listrik sebagai bahan bakar.

Loading...