Pengetahuan

5 Komentar Sepele Yang Bisa Menghancurkan Hidup Seseorang

5 Komentar Sepele Yang Bisa Menghancurkan Hidup Seseorang

Kamu pasti pernah mendengar pepatah “lidah tidak bertulang, namun bisa lebih tajam daripada pedang”. Hal tersebut mengungkapkan bahwa ucapan bisa menyakiti perasaan seseorang. Di zaman ini, media sosial kerap kali menjadi alasan mengapa seseorang merasa depresi, stres, bahkan merasa tidak puas dengan hidupnya. Kamu pasti pernah melihat komentar-komentar kebencian yang dilontarkan oleh netizen di kolom komentar artis favoritmu.

Mungkin menurutmu komentar-komentar tersebut adalah hal biasa yang memang harus dilalui oleh publik figur. Tapi jangan salah, bukan hanya publik figur yang mendapatkan komentar tidak menyenangkan. Kadang kita juga melontarkan komentar kurang menyenangkan pada orang-orang di sekitar kita yang membuat semangat menurun. Seperti 5 komentar di bawah ini.

1. Komentar membandingkan

Saat kamu tidak puas dengan kinerja seseorang, kamu mungkin akan mengatakan “kok gitu aja gak bisa? Lihat tuh si A lebih baik dari kamu. Dia sudah sukses punya ini itu”. Mungkin sepele dan kamu berpikir bahwa hal tersebut kamu katakan untuk membuat orang tersebut bangkit dan berusaha lebih baik. Tapi hal ini justru akan membuat orang tersebut sakit hati karena merasa perjuangannya selama ini tidak dihargai.

2. Saat kamu tidak puas akan sesuatu

Saat meminta seseorang melakukan sesuatu dan ia tidak menyanggupinya, mungkin kamu pernah mengatakan “gini aja gak bisa? bodoh banget sih!”. Wajah kesal dan nada tinggi akan keluar begitu saja saat kamu mengatakan hal tersebut.

Mungkin bagimu ini hal sepele. Kamu berpikir bahwa orang tersebut tidak akan memasukkanya dalam hati. Tapi, jika kamu ada di posisinya, apa kamu tidak akan sakit hati? Jadi, perbaikilah ucapanmu sebelum menilai seseorang.

3. Kurang empati akan masalah orang lain

Kamu pernah mengalami situasi saat kamu bercerita, kemudian temanmu dengan seenaknya memotong pembicaraan dan kemudian menceritakan masalahnya? Atau justru kamu yang begitu? Hal tersebut tentu sangat menjengkelkan. Belum lagi ditambah komentar “masalahmu cuma segitu doang. Aku mengalami hal yang lebih berat dari itu”.

Orang-orang yang memiliki masalah kadang tidak memerlukan saran dari orang terdekat. Mereka hanya perlu didengarkan. Semoga kamu salah satu pendengar yang baik ya.

4. Komentar meremehkan

Saat melihat sebuah karya yang menurutmu tidak terlalu bagus, mungkin kamu akan mengatakan “cih, anak kecil juga bisa”. Orang yang mendengarkan hal tersebut akan merasa sakit hati saat karyanya tidak dihargai.

Lontaran komentar tersebut juga bisa menujukan iri hati atas karya orang lain. Jadi, jika memang karya seseorang lebih baik, puji dan kagumi hal tersebut. Jangan iri hati dan membuat komentar yang menjatuhkan orang lain.

5. Komentar yang mematahkan mimpi seseorang

Semua orang bebas bermimpi. Entah tercapai atau tidak, mimpi adalah hak semua orang. Saat mendengar temanmu menceritakan mimpi akan hal-hal yang besar dan luar biasa, kamu tidak sengaja melontarkan komentar “jangan mimpi ketinggian deh. Ngaca dulu!”.

Kamu mungkin berpikir bahwa hal tersebut akan membuatnya terbangun dan tersadar bahwa mimpinya terlalu tinggi. Kamu salah. Hal ini justru akan membuatnya tidak percaya diri dan ragu untuk bermimpi lagi.

Itulah beberapa komentar sepele yang bisa menghancurkan hidup seseorang. Untuk itu, mulai sekarang cobalah untuk berpikir sebelum mengomentari sesuatu. Jangan menganggap posisi seseorang sama sepertimu.

To Top