Pengetahuan

5 Kesalahan Orang Tua yang Membuat Anak Sulit Diatur

5 Kesalahan Orang Tua yang Membuat Anak Sulit Diatur

Menjadi orang tua memang tugas yang sulit. Diberi kepercayaan untuk membesarkan seorang anak bukan tugas yang mudah.

Anak tidak hanya harus berkembang secara fisik namun juga mental dan iman. Banyak orang tua yang kerap kali mengeluh tentang anaknya yang bandel, sulit diatur, manja, dan lain sebagainya.

Jika anak sulit diatur, mungkin ada beberapa kesalahan saat orang tua mendidiknya, misalnya saja lima hal yang sering dilakukan ini tapi tidak disadari.

1. Tidak mendengar pendapatnya

Mungkin orang tua tau apa yang terbaik untuk anaknya. Tapi itu bukan berarti orang tua tidak mendengarkan apa pendapat anak-anakya.

Anak-anak juga perlu didengar dan dihargai pendapatnya. Jadi, cobalah untuk menjadi pendengar yang baik untuk anak-anak.

2. Terlalu mengekang

Pernah mendengar “pasir yang digenggam terlalu kuat akan mencari jalan keluar lewat sela-sela jari”? Ungkapan ini juga berlaku untuk orang tua.

Jika orang tua terlalu mengekang anaknya, bukan hal yang tidak mungkin jika anak menjadi sulit diatur dan jago berbohong. Melarang boleh, tapi jangan kelewatan ya.

3. Merasa selalu kurang

Saat anak berusaha, tugas orang tua adalah mengapresiasinya. Bukan menuntut dan terus menerus merasa kurang. Bukan hal yang sulit kan untuk memberi anak sebuah apresiasi? Tidak usah dengan materi, dengan kata-kata membanggakan saja sudah sangat emmbuat anak merasa sangat dihargai usahanya.

4. Menyalahkan saat anak berbuat salah

Marah adalah hal yang biasa, tapi marah sesaat anak berbuat salah adalah hal yang seharusnya diperbaiki. Jika anak membuat kesalahan, berikan pengertian terlebih dahulu bahwa hal tersebut tidak baik atau salah.

Setelah itu nasihati anak agar tidak mengulang kesalahan tersebut dengan kata-kata lembut. Hindari marah dan berkata kasar. Karena hal tersebut akan berdampak pada anak seumur hidup.

5. Sering membanding-bandingkan

Semua orang termasuk anak-anak itu sangat unik dan memiliki ciri khas masing-masing. Jadi untuk para orang tua berhentilah membanding-bandingkan anak dengan anak lainnya.

Hargai selalu usahanya. Bantu terus anak untuk terus berkembang sesuai dengan potensi dan talenta yang ia miliki. Karena terlalu sering membandingkan, anak akan merasa rendah diri dan merasa dikucilkan.

Nah, itulah beberapa kesalahan orang tua yang secara tidak sadar membuat anak-anak mereka menjadi susah diatur.

Semua orang tua tentu ingin anak-anak mereka total dalam menggali potensi diri. Tapi ingat, peran orang tua juga sangat berpengaruh dalam perkembangan anak.

To Top