Pengetahuan

5 Kebiasaan yang Bisa Membuat Ginjal Rusak

5 Kebiasaan yang Bisa Membuat Ginjalmu Rusak

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh penting yang berfungsi untuk menyaring darah hingga membuang racun dan limbah dalam tubuh. Inilah alasan kenapa manusia harus menjaga ginjal mereka.

Seiring bertambahnya usia, kesehatan ginjal seseorang akan terus menurun. Tapi bukan tidak mungkin jika kerusakan ginjal bisa dipengaruhi dari gaya hidup seseorang. Di bawah ini adalah beberapa kebiasaan yang bisa membuat ginjal kita rusak. Ada kebiasaanmu?

1. Mengonsumsi garam atau gula berlebihan

Memang benar makanan yang kurang rasa tidak akan nikmat untuk dikonsumsi. Tapi ini bukan menjadi alasan kamu bisa menambahkan sesuka hati rasa manis atau asin dalam makananmu. Garam berlebih yang kita masukan dalam tubuh bisa meningkatkan tekanan darah. Bukan hanya darah, ginjal juga akan bekerja ekstra saat garam masuk ke dalam tubuh. Tidak hanya garam, gula juga menjadi salah satu penyebab menurunnya fungsi ginjal.

2. Sering mengonsumsi kafein

Berapa kali kamu menikmati secangkir kopi dalam satu hari? Satu kali? Dua kali? Atau tak terhingga? Kandugan kafein dalam kopi sangat berbahaya bagi kesehatan ginjal. Ginjal akan bekerja lebih keras untuk menyaring kafein. Kafein tidak hanya ditemukan dalam kopi lho, namun juga pada teh.

Baca Juga: Ini Lima Cara Mudah Mencegah Batu Ginjal 

3. Kurang minum

Tubuh kita membutuhkan 1.5 hingga 2 liter air per hari. Semakin banyak aktivitas yang kamu lakukan mungkin kamu membtuhkan air minum lebih dari dua liter. Air berfungsi sebagai pelarut racun yang membantu kinerja ginjal. Saat kamu tidak memberikan tubuhmu cukup air, racun dalam tubuh akan sepenuhnya disaring oleh ginjal. Kebiasaan inilah yang membuat ginjalmu bekerja sangat keras sehingga mudah rusak.

4. Menahan buang air kecil

Saat dalam rapat atau dalam perjalanan jauh, kamu tiba-tiba ingin buang air kecil. Apa yang kamu lakukan? Menahannya atau lari sebentar ke kamar kecil?

Kebiasaan menahan buang air kecil sanagt berbahaya bagi kesehatan ginjal. Karena kebiasaan ini, kamu akan memberikan tekanan berat pada ginjal sehingga timbulah penyakit gagal ginjal hingga batu ginjal.

5. Bergadang

Tubuh perlu istirahat untuk memulihkan kembali kinerja organ. Bisa dibayangkan bagaimana ginjalmu bekerja ekstra jika kamu terus menerus bergadang. Ginjal tidak bisa beristiraht jika kamu juga tidak beristirahat.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang bisa menurunkan fungsi ginjal. Jangan anggap sepele ya, karena ginjal yang rusak bisa berakibat fatal bagi tubuhmu.

To Top