in ,

5 Hal Ganjil Tentang Pendidikan Indonesia yang Bikin Geleng-Geleng Kepala

5 Hal Ganjil Tentang Pendidikan Indonesia yang Bikin Geleng-Geleng Kepala
Ilustrasi (uny.ac.id)

Pendidikan adalah sektor paling penting untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Semakin berkualitas sumber daya manusia di suatu negara maka semakin maju pula negara tersebut.

Namun bila sejenak melirik kualitas SDM di Indonesia, ternyata tetap masih ketinggalan jauh jika dibandingkan dengan negara-negara maju. Buktinya saja Indonesia masih banyak mengimpor barang dari luar negeri, angka pengangguran tinggi karena sedikitnya lapangan kerja dan juga tidak mampu bersaing dengan negara asing.

Hal itu pasti tak lepas dari sistem pendidikan yang diterapkan di tanah air. Memang secara garis besar, pendidikan di Indoneisa masih ketinggalan jauh dengan negara-negara maju seperti Jerman, Finlandia, Swedia atau Denmark.

loading...

Berikut ini WowMenariknya.com akan mengulas beberapa hal ganjil tentang pendidikan Indonesia yang masih belum bisa menghasilkan SDA yang berkualitas.

1. Harus bisa semua pelajaran

5 Hal Ganjil Tentang Pendidikan Indonesia yang Bikin Geleng-Geleng Kepala
Foto: loop.co.id

Ketika SMP atau SMA, kita diharuskan mampu menguasai semua pelajaran, mulai dari fisika, biologi, ekonomi, matematika dan sebagainya. Begitupun dengan kuliah, meskipun ceritanya jurusan ekonomi, tapi tetap saja kita diwajibkan mampu menguasai akuntansi biaya, manajemen, akuntansi keuangan, etika perbankan, dan masih banyak lagi. Pendidikan tidak difokuskan pada satu titik pembelajaran saja yang dianggap sesuai dengan kemampuan siswa.

Baca Juga: Fakta Hebatnya Pendidikan Di Finlandia, Beda Jauh Dengan Di Indonesia

Jika diharuskan semuanya bisa, tentu banyak siswa atau mahasiswa yang bakal kesulitan karena kemampuan orang itu rata-rata terbatas. Logikanya saja begini, guru atau dosen saja paling hanya menguasai satu atau dua pelajaran saja, tapi kenapa siswa harus diwajibkan semuanya bisa?

Coba kita lirik pendidikan di Finalndia, negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Mereka hanya memfokuskan beberapa materi saja sesuai minat siswa, tidak ada UN, tidak ada PR dan lebih cenderung ke implementasi.

2. Masih banyak teori minim praktik

5 Hal Ganjil Tentang Pendidikan Indonesia yang Bikin Geleng-Geleng Kepala
Foto: margieschool.com

Saat mempelajari sesuatu, kita kadang suka bingung untuk apa ilmu yang diajarkan tersebut, bagaimana implementasinya dalam kehidupan nyata. Kebanyakan hanya diajarkan teorinya saja tapi kita tidak tahu gambaran dari praktika ilmu tersebut.

Kita ribet-ribet mempelajari rumus tertentu yang begitu rumitnya, tapi kita tidak tahu untuk apa rumus tersebut. Apakah untuk menghitung beras? Meramal masa depan atau apa?

Alhasil ilmu yang diajarkan akan mudah dilupakan, dan ketika sudah keluar nanti kita seolah tidak tahu apa-apa. Jadi tak heran jika angkatan kerja memiliki kemampuan yang sangat terbatas.

3. Dididik untuk mencari kerja, bukan membuat pekerjaan

5 Hal Ganjil Tentang Pendidikan Indonesia yang Bikin Geleng-Geleng Kepala
Foto: batampos.co.id

Sebagian banyak lembaga pendidikan di Indonesia mendidik para siswanya untuk mencari kerja, bukan dididik untuk membuat sebuah pekerjaan yang mana nantinya bisa merekrut banyak pekerja. Alhasil para pelajar di Indonesia hampir sebagian besarnya memiliki prinsip, “Nanti kerja apa yah?”, “Pengennya kerja di perusahaan terkenal,” “Soal kerja gimanan nanti aja!”.

Akibatnya terjadi ketidak seimbangan antara angkatan kerja yang sangat banyak dan lapangan kerja yang sangat sedikit.

4. Biaya pendidikan yang mahal

5 Hal Ganjil Tentang Pendidikan Indonesia yang Bikin Geleng-Geleng Kepala
Foto: jurnalpost.com

Pendidikan adalah investasi jangka panjang. Seharusnya negara mampu memberikan pendidikan yang benar-benar gratis dan berkualitas karena nantinya akan menghasilkan SDA yang sesuai harapan, di mana SDA tersebut akan membantu mengembangkan perekonomian negara.

Baca Juga: 5 Negara Maju Yang Gratiskan Biaya Pendidikan

Namun pada kenyataannya, pendidikan di Indonesia masih terbilang mahal. Meskipun ada bantuan berupa BOS dan sebagainya, tapi tetap saja biaya pokoknya mahal. Terbukti masih banyak anak-anak tidak mampu yang tidak bisa mendapatkan pendidikan yang layak.

Mudah-mudahan saja nanti sekolah tidak dijadikan lahan bisnis.

5. Kualitas guru yang harus dibenahi

5 Hal Ganjil Tentang Pendidikan Indonesia yang Bikin Geleng-Geleng Kepala
Foto: batasnegeri.com

Memang Indonesia memiliki banyak guru, tapi sangat sedikit yang memiliki jiwa guru. Seorang guru yang baik harus mampu mendidik anak yang tadinya tidak pintar jadi pintar, bukan hanya membuat yang pintar jadi semakin pintar.

Tapi nyatanya kebanyakan guru suka kesal sama anak yang kurang pintar dan bahkan menganggap remeh mereka, bukan mendidiknya dengan baik.

Di sisi lain, seorang guru juga harus bisa memberikan pembelajaran di luar materi, memberikan motivasi dan mengarahkan murid-muridnya ke jalan yang benar agar mereka semangat dalam belajar.

Sampai kapanpun Indonesia tidak akan bisa maju jika sistem pendidikannya tidak dibenahi.

loading...
loading...
Loading...
Loading...