in ,

3 Misteri Harta Karun Bung Karno yang Disimpan di Luar Negeri

3 Misteri Harta Karun Bung Karno yang Disimpan di Luar Negeri 1

Bung Karno adalah salah satu pahlawan nasional Indonesia yang berperan penting dalam kemerdekaan Indonesia. Dengan gaya kepemimpinan yang kharismatik dan memiliki kepandaian dalam berdiplomasi, membuat beliau begitu disegani oleh pemimpin dunia

Bukan dikenang dengan gaya kepemimpinannya saja, sosok Bung Karno juga dikenal dengan sosok yang misterius. Banyak sisi lain dari Bung Karno yang tidak diketahui banyak orang. Salah satunya adalah soal harta karun milik Bung Karno.

Konon katanya, kekayaan Bung Karno yang begitu banyak berasal dari sumbangan-sumbangan raja jaman dulu. Dana yang dikenal dengan dana revolusi atau dana perjuangan itu kemudian kabarnya disimpan di luar negeri.

Yang jadi pertanyaan, seberapa besar harta karun Bung Karno yang berada di luar negeri? Berikut simak beberapa informasi yang berhasil Wow Menariknya himpun dari laman boombastis.com.

Baca Juga: 7 Upaya Pembunuhan Terhadap Bung Karno

1. Harta Bung Karno di Bank Swiss

3 Misteri Harta Karun Bung Karno yang Disimpan di Luar Negeri

Menurut informasi yang muncul di koran lokal Austria, menjelaskan kalau harta Bung Karno bernilai 1,74 triliun rupiah yang tersimpan di Bank Swiss. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya sebuah wawancara dengan seorang mediator keuangan Austria, Gustav Jobstmann. Ia mengaku memiliki dokumen Bung Karno yang tersimpan di Bank Swiss.

2. Kepemilikan emas lewat perjanjian dengan Amerika

3 Misteri Harta Karun Bung Karno yang Disimpan di Luar Negeri 2

Bukan hanya berupa tabungan, emas seberat 57 ribu ton juga dipercaya milik Bung Karno. Kepemilikan emas tersebut masuk dalam perjanjian The Green Hilton Memorial Agreement Geneva. Didalam perjanjian tersebut disebutkan bahwa 50% emas murni dalam bentuk batangan yang berada di luar negeri adalah milik negara Indonesia.

Baca Juga: Tiga Kamar Bung Karno Yang Konon Sangat Angker

Namun perjanjian tersebut pada akhirnya memperbolehkan Amerika untuk menambang emas di Indonesia. Kemudian muncullah tambang emas yang dikelola PT. Freeport di Papua, di mana sebagian besarnya dipegang oleh Amerika.

3. Harta Bung Karno tidak bisa dicairkan

3 Misteri Harta Karun Bung Karno yang Disimpan di Luar Negeri 3

Emas yang disimpan Bung Karno di luar negeri kembali ke Indonesia dalam bentuk biaya sewa sebesar 2,5%. Sedangkan Amerika menggunakan dana tersebut untuk memperkuat dollar mereka. Kabarnya harta Bung Karno tersebut tidak bisa dicairkan sepenuhnya karena hanya bisa diambil oleh Bung Karno sendiri.

Sampai sekarang misteri keberadaan harta karun milik Bung Karno itu masih jadi misteri. Tidak ada yang tahu pasti berapa kekayaan Presiden Pertama Republik Indonesia itu.

Loading...
Loading...