in

Menderita Kelainan Langka, Wanita Ini Melihat Orang Lain Seperti Seekor Naga

Ilustrasi naga (foto: Shutterstock)

Kedengarannya seperti mimpi buruk kalau melihat orang lain itu seperti seekor naga. Hal itu dialami oleh seorang wanita yang menderita kelainan langka, di mana setiap orang yang dilihatnya ‘berubah’ menjadi seekor naga.

Menurut tim peneliti Inggris-Belanda di Den Haag, Belanda, seorang wanita berusia 52 tahun mempresentasikan kelainan langka yang dideritanya di sebuah klinik kejiwaan pada tahun 2011 silam.

Dalam keseluruhan hidupnya dia sering melihat wajah manusia bermetamorfosis menjadi wajah seekor naga. Halusinasi ini kerap dialaminya beberapa kali dalam sehari.

“Dia bisa memahami dan mengenali wajah yang sebenarnya, tetapi dalam beberapa menit mereka berubah jadi hitam, tumbuh memanjang, telinga meruncing, dan moncong yang menonjol, dan menampilkan kulit reptil dan mata besar berwarna kuning, hijau, biru, atau merah,” tulis tim peneliti di The Lancet, seperti dikuip Metro.

Wanita yang tak disebutkan namanya itu melihat wajah-wajah naga melayang ke arahnya berkali-kali dalam sehari. Itu bisa muncul dari dinding, soket listrik, atau layar komputer.

Dia menderita kelainan yang disebut prosopometamorphopsia, gangguan kejiwaan yang menyebabkan wajah tampil terdistorsi.

Sejumlah scan otak dan tes darah menemukan bahwa wanita tersebut benar-benar sehat. Hal itu membuat para peneliti kebingungan apa sebenarnya yang menyebabkan wanita ini mengalami gangguan semacam ini.

Namun, tim peneliti akhirnya berhasil menghentikan halusinasi wanita tersebut dengan memberinya obat anti-demensia yang disebut rivastigmine, sebuah neurotransmitter yang terlibat dalam hal belajar dan ingatan.