in ,

Lupakan Masa Lalu, Buka Lembaran Baru, Lanjutkan Kembali Hidupmu

Lupakan Masa Lalu, Buka Lembaran Baru, Lanjutkan Kembali Hidupmu
Ilustrasi (Foto: sunnah.life)

Satu detik yang telah kita lewati adalah masa lalu dan satu detik yang akan kita lewati adalah masa depan. Seiring berjalannya waktu, banyak kenangan yang ditinggalkan di masa lalu, entah itu yang membahagiakan atau menyedihkan.

Kenangan pahit di waktu dulu kadang banyak menghentikan langkahku untuk terus melanjutkan hidup ini. Entah kenapa kepercayaan diriku untuk terus melangkah tiba-tiba hilang. Mungkin karena aku terlalu takut masa lalu yang kelam terulang kembali di dalam kehidupanku sekarang.

Terkadang aku membayangkan bisa kembali ke masa lalu dan memperbaiki semua kesalahan yang pernah kulakukan. Tapi Tuhan tidak mengizinkannya dan semua masa lalu yang pernah kulewati akan terukir abadi dalam hatiku.

loading...

Aku ingin sekali melupakan masa lalu yang membekas dalam diriku, tapi apa daya, aku tidak pernah bisa melupakannya. Setiap kali teringat kenangan itu, betapa hancurnya hatiku.

Baca Juga: 3 Tempat Ini Ajari Kita Untuk Hidup Lebih Baik

Penyesalan dan kekecewaanku telah membuatku enggan melanjutkan hidup ini. Apakah di depan sana ada hal baik yang sedang menantiku atau hanya hal buruk yang menungguku? Ya, masa lalu benar-benar membuaku kehilangan motivasi diri.

Lupakan Masa Lalu, Buka Lembaran Baru, Lanjutkan Kembali Hidupmu
Foto: steemit.com

Apakah ini artinya Tuhan ingin menyiksaku karena kesalahanku dulu? Menurutku tidak, tapi kenapa Tuhan membiarkan semua itu terjadi?

Butuh waktu lama aku menyadarinya dan tentunya berkat bantuan dari orang-orang terdekatku. Mereka bilang Tuhan menciptakan kita sebagai makhluk yang tak luput dari kesalahan. Dari kesalahan itu, kita menciptakan kenangan-kenangan buruk yang kita sebut derita.

Kemudian Tuhan memberikan kita kesempatan untuk memperbaiki kesalahan itu. Tuhan tidak marah ketika kita membuat kesalahan berulang kali. Tuhan ingin kita belajar cara memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukan sehingga kita tahu mana yang benar dan salah.

Baca Juga: Bukan Uang, 4 Hal Ini yang Membuat Hidup Kamu Selalu Merasa Susah

Jadi lupakanlah masa lalu, buka lembaran baru, coretkan kembali kisah hidupmu dengan belajar dari kesalahan di masa lalu. Semakin bagus coretan tersebut, semakin bagus pula masa depanmu.

Ternyata hidup itu bukan tentang bagaimana caranya agar kita tidak melakukan kesalahan, tapi bagaimana caranya kita memperbaiki kesalahan dan bangkit dari kegagalan.

Masa lalu itu seperti spion kendaraan. Jika saat berkendara kita terlalu lama melihat ke belakang melalui spion, maka kita akan celaka. Begitupun dalam kehidupan ini, jika terus-terusan melihat masa lalu tanpa memperhatikan apa yang ada di depan, kita juga akan celaka.

Lihatlah spion sesekali, lihatlah masa lalu sesekali hanya untuk dijadikan pelajaran agar kita tidak melakukan kesalahan serupan. Setelah kita mengetahui salah, kita akan mengetahui benar. Hanya saja Tuhan kurang menyukai orang-orang yang berlarut-larut dalam kesalahan.

Begitulah Allah mendidikku agar tidak jadi orang sombong dan merasa paling mampu.

loading...
loading...
Loading...
Loading...