in ,

Kisah Cinta Tragis Di Balik Lagu Game of Thrones ‘Jenny of Oldstones’

Kisah cinta lagu Jenny of Oldstones
Foto: Game of Thrones/HBO

Buat yang belum nonton Game of Thrones season 8 episode 2, hati-hati yah ada sedikit spoiler dalam artikel ini!

Dalam Game of Thrones season 8 episode 2, ada banyak hal menarik yang sukses membuat penonton sedih. Salah satunya adalah adegan saat Jaime Lannister menobatkan Brienne of Tarth sebagai ksatria. Dan ada lagi adegan yang begitu menyentuh emosional para penonton, yaitu saat Podrick menyanyikan sebuah lagu sedih.

Buat yang sudah nonton, pasti setuju banget kalau lagu yang dibawakan Podrick tersebut memiliki lirik dan alunan nada yang sedih. Lagu berjudul “Jenny of Oldstones” itu juga diputar selama kredit penutupan episode 2 yang dibawakan oleh Florence and the Machine.

Namun tidak banyak yang tahu kalau lagu tersebut menceritakan kisah cinta yang tragis antara seorang laki-laki pewaris Iron Throne dengan wanita pujaannya. Penasaran seperti apa kisahnya?

Tapi sebelumnya dengerin dulu yuk lagunya, siapakan tisu!

Dalam novel A Song of Ice and Fire, lagu tersebut dikenal sebagai “Lagu Jenny.” Lagu tersebut bercerita tentang seorang wanita bernama Jenny of Oldstones dan kekasihnya Duncan Targaryen, yang tak lain adalah paman Daenerys Targaryen.

Baca Juga: Ini Gaji Pemain Game of Thrones per Episode, Bikin Jantungan!

Untuk memahami lagu ini, kalian harus tahu dulu silsilah keluarga Targaryen. Seperti yang kita ketahui, Daenerys memiliki dua saudara laki-laki, yaitu Viserys yang terbunuh di season satu dan Rhaegar yang tak lain adalah ayah dari Jon Snow.

Ayah mereka adalah Aerys II Targaryen atau lebih dikenal dengan sebutan Mad King. Dia adalah raja Seven Kingdoms yang terkenal hobi membakar orang. Hingga akhirnya Mad King dibunuh oleh Jaime Lannister pada masa Pemberontakan Robert.

Tidak banyak yang tahu kalau Mad King punya kakak laki-laki bernama Duncan Targaryen. Itu berarti Duncan-lah yang seharusnya menduduki Iron Throne, bukan Aerys. Namun kenapa ia tidak menjadi raja?

Duncan menyerahkan Iron Throne demi cinta

Kisah cinta Jenny of Oldstones
Foto: YouTube

Duncan Targaryen memang tidak diceritakan dalam film Game of Thrones. Tapi dalam versi novelnya, Duncan Targaryen adalah anak sulung Aegon V Targaryen, penguasa Seven Kingdoms sebelum Mad King.

Seharusnya Duncan jadi pewaris tahta kerajaan, namun ia menyerahkan Irone Throne demi cinta. Dia melakukannya agar bisa menikah dengan seorang wanita pujaan hatinya bernama Jenny of Oldstones. Karena itulah, Aerys II bisa duduk di Iron Throne.

Keputusan Duncan menolak Iron Throne demi cinta membuat keluarganya marah besar. Pasalnya Duncan sudah dijodohkan dengan wanita pilihan keluarganya. Dibandngkan tahta, ia lebih memilih hidup bersama wanita yang dicintainya.

Lagu yang dibawakan Podrick bukanlah lagu tentang hubungan Duncan dan Jenny yang dipenuhi dengan kebahagiaan, melainkan tentang cinta yang berakhir tragis.

Dalam salah satu lirik lagu tersebut diceritakan kalau Jenny sedang menari dengan hantu dari orang yang dicintainya di aula para raja yang sudah pergi.

High in the halls of the kings who are gone
Jenny would dance with her ghosts.

Lirik tersebut berkaitan dengan tragedi kebakaran di Summerhall, kastil Targaryan. Kebakaran tersebut membunuh Aegon V dan Duncan. Tapi tidak diketahui kenapa kastil tersebut bisa mengalami kebakaran.

Baca Juga: Meski Kontroversi, Ini 6 Pelajaran Berharga dari Film Game of Thrones

Kematian sang pangeran tentunya memukul hati Jenny. Ia sangat sedih dan tertekan. Tapi tidak diketahui bagaimana nasib Jenny selanjutnya.

Hubungannya dengan film Game of Thrones

Kisah cintaJenny of Oldstones
Foto: Twitter/DanyUnburnt

Kisah cinta tragis yang diceritakan dalam lagu tersebut memiliki kaitan erat dengan hubungan Daenerys dan Jon. Seperti yang diketahui, Daenerys sangat mencintai Jon.

Dalam episode 2, Jon memberitahu Daenerys bahwa dia sebenarnya adalah putra dari Rhaegar Targaryen dan Lyanna Stark. Daenerys pun sadar bahwa Jon adalah pewaris tahta yang sebenarnya karena dia adalah keturunan laki-laki Targaryen terakhir.

Tapi di sisi lain, Daenerys dari awal sudah berambisi sekali merebut Iron Throne. Setelah mengetahui kebenaran ini, apakah ia akan mengorbankan Iron Throne demi cinta seperti yang dilakukan Duncan untuk Jenny?

Di sisi lain, Jon dan Daenerys tidak mungkin bisa menikah karena mereka adalah bibi dan keponakan. Apakah salah satu dari mereka akan tewas di season 8 ini?

Dari lagu Jenny of Oldstones dan cerita di baliknya, kita jadi tahu kalau cinta itu jauh lebih besar nilainya dibandingkan dengan tahta.