Love

6 Asal Usul Orang yang Gak Punya Pacar Disebut Jomblo

6 Asal Usul Orang yang Gak Punya Pacar Disebut Jomblo

Di zaman millenial ini, orang yang gak punya pacar pasti sering disebut jomblo. Lalu kenapa sih yang gak punya pacar disebutnya jomblo, kenapa gak disebut single, sendirian, ngenes, tragis atau sebagainya?

Rupanya kata jomblo memiliki asal usul tersendiri sampai melekat di pikiran setiap orang kalau jomblo itu adalah mereka yang tidak memiliki pasangan.

Penasaran seperti apa ceritanya? Berikut 6 versi cerita tentang asal-usul orang yang gak punya pacar sering disebut jomblo.

1. Berasal dari kata combro

Kalian tahu combro? Ya, combro adalah makanan yang terbuat dari singkong yang di dalamnya ada sambal oncom. Katanya, jomblo itu berasal dari combro karena keduanya memiliki sifat yang sama.

Baca Juga: 10 Gaya Pacaran Anak SD Ini Bikin Jiwa Jomblo Meronta-Meronta

Ketika melihat orang lain bermesraan, jomblo kelihatannya cuek-cuek saja di luar, tapi di dalam hatinya hawanya panas dan pedas seperti combro.

2. Berasal dari kata jobless

Jobless adalah bahasa Inggris untuk pengangguran alias tidak memiliki pekerjaan. Lalu apa hubungannya jomblo sama jobless?

Jomblo diduga berasal dari kata jobless yang artinya mereka tidak memiliki pekerjaan setiap malam minggu, paling diselimut kerjaannya di rumah.

3. Berasal dari kata jumbo

Jumbo memiliki arti sangat besar. Nah dari situ kayaknya kata jomblo muncul. Pasalnya jomblo mencerminkan keinginan seseorang yang sangat besar untuk memiliki pasangan. Mungkin dia sudah lelah sendiri.

4. Berasal dari kata jumble

Jumble merupakan bahasa Inggris yang artinya campur aduk. Menurut banyak orang, jomblo dipercaya berasal dari kata jumble. Sebab mereka yang tidak memiliki pasangan ketika melihat orang lain pacaran itu perasaannya akan campur aduk.

Yang jomblo perasaannya suka campur aduk yah, ayo kamu ngaku?

Baca Juga: 7 Lagu Korea Untuk yang Jomblo Agar Tetap Bahagia

5. Berasal dari kata zombie

Jomblo itu diduga berasal dari kata zombie karena kelakuan mereka sama-sama mirip. Ketika jomblo sedang galau, mereka terlihat lesu, suaranya tak jelas, pandangan kosong dan suka keluyuran tanpa arah yang jelas, terutama ketika malam minggu.

Selain itu, ada perbedaan antara zombie dan jomblo. Zombie kerjaannya makan otak, sedangkan jomblo makan hati.

6. Berasal dari bahasa Sunda, yakni jomlo

Jomlo adalah bahasa Sunda yang memiliki arti wanita yang belum menikah meski usianya sudah tua atau sering disebut juga perawan tua.

Perkataan ini sedikit mengalami pergeseran makna. Dari jomlo jadi jomblo, tapi bukan ditujukan kepada wanita saja, tapi kepada siapa saja yang belum punya pasangan.

Nah itulah asal-usul kenapa orang yang gak punya pacar disebut jomblo. Jangan tersinggung yah mblo, nanti juga pada waktunya kamu bakalan dapat pasangan.

To Top