Love

5 Tips Mengatasi Rasa Cemburu ke Pasangan Biar Ga Overthinking Mulu

5 Tips Mengatasi Rasa Cemburu ke Pasangan Biar Ga Overthinking Mulu

Saat menjalin hubungan dengan pasangan, seberapa seringkah kamu merasa cemburu dengan dia? Apabila sesekali, perasaan itu masih terbilang wajar. Namun patut untuk mulai kamu waspadai apabila perasaan cemburu itu datang terus menerus. Caranya bagaimana?

Nah, agar hubungan kamu tidak semakin renggang hanya karena terus mengikuti perasaan cemburu itu, kamu bisa ikuti beberapa cara di bawah ini ya untuk mengatasinya. Tentu tidak baik apabila kamu curigaan terus. Selamat mencoba ya!

Baca Juga : Tak Banyak Menuntut!5 Zodiak Ini Bisa Menerima Pasangan Apa Adanya, Jadi Jangan Dilepas yah

1. Tetaplah tenang menghadapi rasa cemburu yang datang

Saat rasa cemburu datang, jangan terburu-buru langsung marah pada pasanganmu. Dilansir dari Huffpost, Moshe Ratson, seorang Terapis Pernikahan dan Keluarga memintamu untuk tetap tenang dan membuka hatimu seutuhnya untuk pasanganmu sehingga kamu juga harus menerima risiko yang akan datang tanpa keraguan dan kecemburuan.

2. Jangan menindaklanjuti perasaan cemburu itu

Masalah sebenarnya dari rasa cemburu adalah tindakanmu atas dasar rasa cemburu. masih menurut Moshe Ratson, bahwa di dunia ini banyak orang dengan lawan jenis dan pasanganmu telah memilihmu sebagai pasangannya. Jadi, ketika perasaan itu datang cobalah mengubah cara pandangmu dan lebih bijak dalam menanggapinya.

3. Terus terang kepada pasanganmu bahwa kamu mempercayainya

Ketika pasanganmu melakukan sesuatu yang membuatmu cemburu, ungkapkanlah perasaan itu dengan cara yang dewasa. Dalam interview-nya dengan Huffpost, Ratson menyarankan untuk berterus terang kepada pasanganmu bahwa kamu mempercayainya, tapi kamu tidak dapat mengendalikan perasaan ini dan memintanya untuk mempertimbangkannya.

4. Ingatkan dirimu sendiri akan kelebihan yang kamu miliki

Selain kepada pasangan, kamu harus melihat ke dalam dirimu alasanmu merasa cemburu. Dilansir dari PsychCentral, Christina Hibbert, Psikolog Klinis, mengatakan bahwa dengan melihat kembali kelebihan yang kamu miliki, kamu menyadari bahwa semua orang memiliki kelebihan dan kelemahan yang berbeda sehingga tidak perlu merasa cemburu.

Mengingat kembali kelebihanmu, juga membuatmu lebih mencintai diri sendiri dengan menyadari value yang kamu miliki. Hal ini juga bisa meningkatkan rasa percaya dirimu.

Baca Juga : Terungkap, Ini Dia Alasan Pria Tidak Suka Perempuan Bertubuh Kurus

5. Belajar untuk mengelola emosimu

Mengelola emosimu adalah hal yang penting. Dilansir dari PsychCentral, Kathy Morelli, Psikoterapis, mengatakan bahwa penting untuk bisa mengidentifikasi perasaanmu dan melepaskan dirimu dari intensitas emosi. Kamu juga bisa mempraktikkan latihan pernapasan untuk mengeluarkan emosi itu dengan lebih positif.

Nah itu beberapa cara yang bisa kamu lakukan bila terus muncul rasa cemburu ke pasangan. Jangan sampai gara-gara perasaan cemburu itu kamu jadi curigaan terus. Coba komunikasikan semuanya ya. Semoga hubungan kamu makin langgeng.

To Top